Toxic Positivity: Sisi Gelap Pemikiran Positif Membuat Bahaya

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 12 November 2022 | 12:00 WIB
Toxic positivity menyangkal semua perasaan emosi negatif dan hanya menerima hal positif. (Healthline)

Nationalgeographic.co.id—Pasti Anda pernah mengalami saat sedang mencurahkan isi hati tentang perasaan yang hancur, kemudian rekan Anda berkata "Jangan mengeluh! Tenang saja semuanya akan baik-baik saja" atau bahkan secara tidak sadar Anda juga pernah memberikan tanggapan seperti itu. Reaksi tersebut kini dikenal sebagai toxic positivity.

Toxic positivity adalah asumsi, baik oleh diri sendiri atau orang lain, terlepas dari rasa sakit emosional seseorang atau situasi sulit, mereka hanya boleh memiliki pola pikir positif,” tutur Dr. Jaime Zuckerman, psikolog klinis di Pennsylvania dikutip Healthline.

Secara operasional, toxic positivity telah didefinisikan sebagai menghindari atau menyangkal pengakuan stres, negatif, dan kemungkinan hal-hal trauma yang melumpuhkan. Hal ini seperti yang dikatakan Sokal, Trudel, dan Babb dalam artikel tahun 2020 dilansir dari Psychology Today.

Jadi pada intinya, toxic positivity adalah penyelesaian masalah yang hanya berfokus pada hal positif dan menolak segala sesuatu berkaitan dengan emosi negatif seseorang. Istilah singkatnya, selalu melihat sisi baik atau mensyukuri apa yang terjadi.

Orang-orang yang menganut gagasan bahwa kepositifan menyembuhkan segalanya cenderung memberi tahu Anda untuk fokus pada hal-hal baik dalam hidup dan menghindari perasaan sedih atau cemas, apa pun yang terjadi pada Anda. Dengan membatasi percakapan pada hal-hal positif, mereka gagal memahami emosi penuh yang melekat dalam pengalaman Anda. Lebih buruk lagi, itu dapat mendevaluasi perspektif seseorang yang sedang melalui keadaan sulit, dan dengan melakukan itu, itu mengomunikasikan penolakan.

Pada tahun 2006, sekelompok peneliti di University of California di San Diego dan Boston University mempelajari kepositifan yang berlebihan dengan mengumpulkan 60 orang dengan gangguan mood atau kecemasan. Setengah dari peserta ini diminta untuk menekan emosi mereka saat menonton film yang intens dan mempengaruhi; sisanya disuruh menerima perasaan yang muncul saat mereka menonton.

Dari sini, para peneliti menyimpulkan bahwa menekan emosi - seperti yang dilakukan ketika seseorang memaksakan sikap positif, tanpa kemampuan untuk mentolerir kekhawatiran atau kesedihan - dikaitkan dengan tingkat pengaruh negatif yang lebih tinggi, perasaan positif yang lebih rendah, dan penurunan kesejahteraan.

Beberapa tahun kemudian, Wood, Perunovic, dan Lee (2009) meneliti efek dari pikiran positif dalam tiga studi yang saling terkait dan menemukan bahwa pernyataan diri ini memiliki efek tertinggi — efek negatif, yaitu pada orang dengan harga diri rendah.

Dari studi ini saja, menjadi jelas bahwa mengandalkan kepositifan yang dangkal, tanpa membiarkan nuansa atau kompleksitas emosional, tidak sehat. Banyak orang, bagaimanapun, tidak berpengalaman dalam cara lain untuk mengelola emosi mereka, atau gaya komunikasi lainnya. Penting untuk diketahui bahwa mengurangi ketergantungan Anda pada hal positif dapat membuat Anda menjadi pendengar yang jauh lebih baik.

   

Baca Juga: Melihat dan Mendengar Burung Berdampak Baik bagi Kesehatan Mental

Baca Juga: Kiris Air dan Ribuan Penduduk yang Terkena Gangguan Mental setelahnya