Aturan Bagi Anak Yunani Kuno, Ada Seleksi Hidup Hingga Dilarang Sunat

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 10 November 2022 | 16:00 WIB
Hestia adalah dewi perapian dan pelindung keluarga di Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Anak-anak menjadi sasaran seleksi dalam menjalani kehidupan di Yunani kuno. Hanya yang sesuai dengan penilaian ayah mereka atau negara yang akan dibesarkan. Peraturan ini tentu membuat lebih sedikit anak yang bertahan hidup.

Sejak awal masa kanak-kanak mereka hingga akhir, mereka harus menghadapi banyak bahaya. Beberapa hari pertama setelah kelahiran sangat penting untuk bayi. Setelah lahir, anak-anak di Yunani tidak diberi status atau identitas sosial apa pun. Anak itu tidak diintegrasikan ke dalam rumah tangga atau oikia, demikian sebutannya, selama lima hari setelah kelahiran. Namun, di Yunani kuno banyak anak yang baru lahir tidak dapat bertahan hidup lama. Penyebabnya adalah kurangnya kebersihan yang dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, sehingga sang anak menyerah pada penyakit tersebut. Oleh karena itu, merupakan keputusan pragmatis untuk menunggu beberapa saat sebelum memasukkan anak ke dalam rumah tangga.

Bedong Bayi di Yunani Kuno

Tepat setelah lahir, anak tersebut dibungkus kain dari ujung kepala sampai ujung kaki atau disebut pita lampin. Anak tersebut tetap berada di pita ini selama sekitar 60 hari dan mereka tidak diubah pada interval yang tetap. Ginekolog Yunani Soranos dari abad kedua hingga ketiga, yang merupakan penulis buku Gynecology, mengatakan pita wol lembut yang bersih digunakan yang tidak terlalu usang dan lebarnya tiga hingga empat jari. Ini berarti bahwa setidaknya ada seseorang yang peduli dengan kebersihan dan merekomendasikannya kepada orang-orang.

Karena anak-anak di Yunani dibungkus dengan lampin, mereka tidak dapat menunjukkan apa yang mereka inginkan. Jadi sulit untuk mengatakan apakah mereka lapar, atau haus, atau ingin buang air kecil. Botol susu bayi terbuat dari terakota dan memiliki lubang di bagian atas untuk mengisi susu. 

Upacara Amphidromia

Begitu anak-anak di Yunani selamat selama lima hari pertama, mereka secara resmi dimasukkan ke dalam oikos dalam sebuah upacara. Upacara ini disebut amphidromia. Setidaknya di Athena, praktik ini diikuti meskipun tidak ada yang bisa dikatakan pasti tentang tempat lain. Selama amphidromia, ritual yang dilakukan memiliki kemiripan yang jelas dengan pembaptisan Kristen atau orang Yahudi brit.

Upacara amphidromia diadakan di rumah, sama seperti ritual Yunani lainnya. Itu tidak diadakan di gereja, kuil, dan tidak ada imam yang mengawasinya. Nama upacara ini diambil dari ritual itu sendiri yang melibatkan membawa bayi yang baru lahir di sekitar (amphi) perapian di jalan (dromê). Upacara itu sendiri terlihat cukup unik dengan sang ayah berlarian di sekitar perapian menggendong anak dan sang anak menangis dengan keras. Tapi itu pasti memiliki makna religius yang mendalam bagi penduduk asli Athena. Jika tidak, mereka tidak akan membuat anak-anak di Yunani mengalami masalah seperti ini.

Hal ini terjadi karena perapian adalah pusat rumah, baik secara nyata maupun simbolis. Dan dewi perapian, Hestia juga pelindung rumah serta kehidupan keluarga. Jadi secara efektif, itu adalah ritus peralihan. Amphidromia adalah acara yang khusyuk dan menyenangkan, dihadiri oleh kerabat, yang akan membawa hadiah untuk bayi yang baru lahir. Mereka juga memberikan jimat untuk mengikat tubuh bayi untuk melindunginya dari nasib buruk atau setan atau mata jahat. Orang Yunani tidak memiliki penjelasan medis mengapa begitu banyak anak yang baru lahir meninggal. Jadi, mereka menganggapnya berasal dari faktor eksternal. Amphidromia diakhiri dengan pengorbanan, diikuti dengan pesta, seperti kebanyakan ritual Yunani

Kehidupan setelah Amphidromia

Kemudian, jika anak-anak di Yunani bertahan hingga hari kesepuluh, mereka diberi nama. Tradisinya adalah menamai anak laki-laki itu dengan nama kakek mereka. Tradisi ini masih lazim di Yunani. Hal ini menekankan pentingnya kesinambungan dalam keluarga. Dan klimaks dari semua ini adalah bahwa orang Yunani tidak mempraktekkan sunat. Menurut sejarawan Herodotus, orang Yunani menganggap penis yang tidak disunat lebih bagus.

Jika anak laki-laki di Athena hidup sampai usia tiga tahun, mereka dibawa ke Anthesteria yang berarti festival bunga. Festival ini diadakan pada awal musim semi. Anak-anak di Yunani ini kemudian diberi karangan bunga untuk diletakkan di kepala mereka, gerobak kecil, dan kendi kecil yang disebut chous. Hal yang sangat penting bagi orang Yunani adalah anggur, yang dianggap sebagai hadiah dari dewa Dionysus.