Sistem Air Romawi Berteknologi Tinggi Ditemukan, Begini Penampakannya

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 14 November 2022 | 07:15 WIB
Arkeolog telah menggali sisa-sisa sistem air Romawi di Stabiae dekat Pompeii. (Pompeii Sites)

Nationalgeographic.co.id – Para arkeolog di Italia sangat terkesan dengan penemuan mereka tentang sistem hidrolik di bawah vila mewah Romawi yang tercakup dalam letusan Vesuvius pada tahun 79 M. Namun, mereka terkejut ketika menyadari bahwa itu tidak bergerak selama hampir 2.000 tahun.

Para ilmuwan baru-baru ini menemukan sistem air Romawi kuno, atau Hypocaust, yang menyediakan air panas dan udara ke vila mewah Romawi di kota Kempten, Jerman. Tim arkeolog lain yang bekerja di Italia kini telah mengumumkan penemuan sistem hidrolik Romawi di Stabiae, sebuah kota kuno sekitar 4,5 kilometer barat daya Pompeii.

Tata Air Romawi Tidak Tergerak Setelah Hampir 2.000 Tahun

Desain set Alessandro Sanquirico yang menggambarkan letusan Vesuvius, adegan klimaks opera Giovanni Pacini. Ledakan Vesuvius telah memungkinkan para arkeolog untuk menemukan kembali bagaimana orang Romawi hidup hampir 2.000 tahun yang lalu, termasuk sistem air kuno mereka seperti yang diizinkan oleh penemuan terbaru ini. (Public domain)

Penulis sejarah Romawi Pliny the Elder mencatat bahwa beberapa mil dari vila pantai mewah yang sangat besar berjejer di tanjung di Stabiae. Heritage Daily menunjukkan bahwa tokoh-tokoh elit Romawi seperti Julius Caesar, kaisar Augustus dan Tiberius, dan negarawan-filsuf Cicero "semuanya memiliki properti di Stabiae". Tetapi bersama dengan Herculaneum dan Pompeii, Stabiae juga terkubur oleh letusan Gunung Vesuvius.

Mempertimbangkan sifat kelas atas Stabiae, mungkin tidak mengherankan jika para arkeolog menemukan sistem distribusi air yang mewah. Tapi apa yang tidak diharapkan para peneliti adalah menemukan perangkat itu tidak bergerak sejak terakhir kali digunakan pada hari yang menentukan itu di tahun 79 Masehi. Ketika Vesuvius bertiup, dia memuntahkan gas super panas dan tephra sejauh 33 kilometer ke langit sebelum hujan batu cair, batu apung, dan abu panas turun ke tempat tinggal Stabiae.

Bersama dengan 16.000 orang lainnya, Pliny the Elder meninggal di Stabiae saat mencoba menyelamatkan seorang teman dan keluarganya dengan kapal selama letusan. Dan ketika seseorang mempertimbangkan pergolakan yang disebabkan oleh peristiwa vulkanik ini, dan aktivitas seismik setelahnya, mungkin lebih jelas untuk melihat mengapa sangat tidak biasa bahwa sistem air ini tidak terganggu, setelah sekian lama.

Sistem Air Ditemukan di Stabiae

Tim peneliti sedang menggali taman kecil bertiang (peristyle) di Villa Arianna ketika mereka menemukan reservoir air dan tangki timah yang dihias. Menurut Pompeisites, kompleks Villa Arianna dibangun pada abad ke-2 SM dan menempati sekitar 2.500 meter persegi.

Vila ini pertama kali digali oleh insinyur Swiss Karl Weber antara tahun 1757 dan 1762, pada saat itu sebagian besar artefak, perabotan, dan lukisan dinding diangkut ke Museum Bourbon di Istana Kerajaan Portici.

  

Baca Juga: Saat Ayam Suci Jadi Pengambil Keputusan Penting di Zaman Romawi Kuno