Dunia Hewan: Spesies Baru Lebah Anggrek Ditemukan di Meksiko

By Ricky Jenihansen, Rabu, 16 November 2022 | 10:00 WIB
Eufriesea insularis, holotipe betina. (Ayala et al.)

Nationalgeographic.co.id—Spesies baru dari genus lebah anggrek neotropis Eufriesea telah dideskripsikan oleh ahli entomologi dari Universidad Nacional Autónoma de México. Spesies baru itu berasal dari Islas Marías Negara Bagian Nayarit, México di Pasifik.

Penemuan Eufriesea insularis ini telah dilaporkan dalam sebuah makalah di Journal of Hymenoptera Research. Makalah baru ini bisa diakses secara daring dengan judul "The first Pacific insular orchid bee (Hymenoptera, Apidae): A new species of Eufriesea from the Islas Marías. Journal of Hymenoptera Research."

Dijelaskan, bahwa Eufriesea adalah genus lebih dari 60 spesies lebah dalam suku Euglossini, umumnya dikenal sebagai lebah anggrek, lebah euglossine atau lebah berlidah panjang.

Lebah ini mudah dikenali dari tubuhnya yang besar dan kuat dengan warna metalik yang berkisar dari hitam hingga biru atau hijau dengan warna kuning, kemerahan, atau ungu.

Mereka memainkan peran penting dalam penyerbukan anggrek dan banyak tanaman lainnya. Lebah anggrek jantan mengunjungi bunga anggrek. Tujuannya antara lain untuk mengumpulkan minyak atsiri yang kemudian dibawa dan dimodifikasi dalam metatibianya, dan yang diduga digunakan untuk menarik perhatian betina.

Sebagian besar spesies Eufriesea hanya aktif selama beberapa bulan di musim hujan. Seperti semua lebah anggrek, mereka terbatas pada wilayah Neotropis, yang sebagian besar terjadi di Amerika Selatan.

Secara fisik, wilayah Neotropis meliputi wilayah ekologi terestrial tropika dari benua Amerika dan seluruh zona iklim sedang Amerika Selatan. Wilayah Neotropis adalah salah satu dari delapan wilayah biogreografi yang berada di permukaan tanah Bumi.

Spesies yang baru ditemukan ini merupakan spesies pertama dari genus yang diketahui berasal dari sebuah pulau di Samudera Pasifik.

Dinamakan Eufriesea insularis, lebah baru ini ditemukan di Isla Maria Madre, pulau terbesar Islas Marías. Tempat tersebut adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari empat pulau yang terletak 100 km dari pantai negara bagian Nayarit di México.

Kepulauan Marías terletak di Samudra Pasifik, lepas pantai Nayarit, Meksiko. (Ayala et al.)

"Kepulauan ini ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Islas Marías pada tahun 2010 oleh UNESCO dan Pemerintah Meksiko, dan saat ini berada di bawah perlindungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Meksiko,” kata Ricardo Ayala dari Universidad Nacional Autónoma de México dan rekan-rekannya.

Vegetasi di pulau Islas Marías sebagian besar adalah hutan tropis kering, tetapi sebagian besar pulau memiliki semak belukar, sedangkan vegetasi arboreal yang lebih padat dan lebih tinggi terkonsentrasi di ngarai.