Perang Titan, Asal-usul Zeus Jadi Dewa Terkuat dalam Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 19 November 2022 | 15:13 WIB
Zeus, dewa langit atau petir kini menjadi dewa terkuat dalam mitologi Yunani kuno. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id – Ada banyak dewa dalam mitologi Yunani yang memiliki kekuasaan, kekuatan, dan status. Ares adalah dewa perang Yunani, dan Hades adalah dewa dunia bawah Yunani. Jadi siapa dewa Yunani terkuat, dan mengapa dia dianggap yang terkuat?

Uranus: Leluhur para Dewa Yunani

Pada awalnya, Dewa Langit, juga dikenal sebagai Uranus, melahirkan Dua Belas Titan. Titan ini termasuk Rhea dan Cronus, ibu, dan ayah dari Zeus. Cronus cemburu dengan kekuasaan dan pemerintahan ayahnya, dan Gaia marah padanya karena dia mengucilkan anak bungsunya karena tidak pernah bisa melihat cahaya siang hari. Karena itu, Gaia meminta Cronus untuk mengebiri Uranus, yang disetujui Cronus dan memenuhi tugas tersebut, seperti dikutip Theoi.com.

Setelah Uranus dikebiri, Cronus dan Rhea mengambil alih takhta. Ini adalah periode Zaman Keemasan. Cronus dan Rhea memiliki lima anak: Demeter, Hestia, Hades, Poseidon, dan Hera. Cronus mengetahui dari Uranus dan Gaia bahwa anak-anaknya akan menggulingkannya, sama seperti Cronus telah menggulingkan Uranus. Untuk mencegah hal ini terjadi, Cronus memerintahkan Rhea untuk menelan semua anaknya.

Zeus Lahir

Ketika Rhea mengandung Zeus, dia menyusun rencana dengan Gaia, dewi perwujudan dari bumi atau Ibu Pertiwi. Dia meminta Gaia untuk menyelamatkan anak-anaknya dan membuat Cronus membayar atas apa yang telah dia lakukan pada kedua anaknya dan juga Uranus.

Rhea melahirkan Zeus di pulau Kreta tanpa sepengetahuan Cronus. Setelah dia lahir, Gaia membawa Zeus dan menyembunyikannya di sebuah gua di Gunung Ida di Kreta. Sementara itu, Rhea memberi Cronus sebuah batu yang dibungkus selimut untuk meniru putranya yang baru lahir, Zeus. Cronus menelan batu itu agar dia tidak digulingkan oleh anak-anaknya.

Perang Titan

Setelah Zeus dewasa, dia pulang dan menemukan Cronus. Dia memaksa Cronus untuk mengonsumsi zat yang akan membuatnya muntah. Cronus mulai memuntahkan setiap anaknya dengan urutan terbalik saat mereka dikonsumsi.

 Baca Juga: Kisah Dewa Waktu Cronus Memakan Lima Anaknya dalam Mitologi Yunani

 Baca Juga: Mengenal 12 Titan dalam Mitologi Yunani Sebelum Kejayaan Olympus

 Baca Juga: Nike, Dewi Kemenangan Yunani dan Penarik Kereta Perang Dewa Zeus