Matinya Ribuan Tentara dalam Perang Tanpa Peluru yang Ditembakkan

By Galih Pranata, Sabtu, 19 November 2022 | 10:00 WIB
Tentara Rumania memasuki Bulgaria. (Tiparia/History of Yesterday)

Nationalgeographic.co.id—Selama invasi Bulgaria oleh Rumania dalam Perang Balkan Kedua, kedua pasukan kehilangan ribuan tentara. Menariknya, dalam perang itu tidak ada peluru yang ditembakkan.

"Musuh yang tak terlihat menghancurkan pasukan tempur, menyebabkan kecurigaan pertama terhadap perang biologis dalam sejarah modern," tulis Andrei Tapalaga kepada History of Yesterday.

Andrei menulis dalam sebuah artikel berjudul "The War Where Thousands Died Without a Bullet Being Fired: The first attempt of modern biological warfare" yang diterbitkan pada 18 November 2022.

Pada tahun 1913, dengan latar belakang Perang Balkan Kedua, Rumania akan meluncurkan salah satu kampanye militer paling aneh dalam sejarah Eropa Timur.

Sementara Bulgaria berperang dengan Yunani dan Serbia atas sejumlah wilayah, tentara Rumania menginvasi negara bagian selatan Danube, memanfaatkan fakta bahwa sebagian besar pasukan Bulgaria digabungkan di front Balkan.

Kampanye Rumania di Bulgaria pada dasarnya menjadi bencana. Ribuan tentara menjadi tulang belulang mereka di sana, dan perolehan teritorial akan hilang hanya dalam waktu tiga tahun, setelah kekalahan Rumania yang paling menyakitkan dalam sejarah modern: Pertempuran Turtucaia.

Di luar semua ini, bagaimanapun, fakta bahwa lebih dari 3.000 tentara Rumania tewas dan dimakamkan di Bulgaria, di lubang umum, tetap tercatat dalam sejarah, meskipun mereka bahkan tidak berhasil menghadapi musuhnya.

Mereka dibunuh oleh musuh yang tak terlihat—kolera—yang sepanjang Agustus-Oktober 1913, seperti ninja sungguhan, tidak hanya membunuh lebih dari 2.000 tentara Bulgaria, tetapi juga sekitar 10.000 warga sipilnya.

Bagian yang benar-benar mengejutkan adalah bahwa orang Bulgaria menggunakan wabah kolera untuk menuduh tentara Rumania melakukan perang biologis. Masalah kebersihan barak dan pola hidup tentara yang jorok memudahkan kolera tersebar dengan cepat.

 Baca Juga: Penemuanya Tentang Bahaya Kotoran Menyelamatkan Banyak Nyawa

 Baca Juga: Melanggar Konvensi, Maraknya Penggunaan Senjata Kimia Perang Dunia I

 Baca Juga: Saat Wabah Kolera Picu Pemerintah untuk Membangun Ruang Terbuka Hijau