Jamur Porcini Lezat ini Berevolusi dengan Cara yang Mengejutkan

By Wawan Setiawan, Minggu, 20 November 2022 | 16:00 WIB
Keaton Tremble, mempresentasikan survei genetik pertama dari jamur porcini di belahan bumi utara. (NHMU)

Nationalgeographic.co.id - Dentinger Lab di Natural History Museum of Utah telah menerbitkan makalah baru yang provokatif dalam jurnal New Phytologist yang menggambarkan studi mereka dengan jamur yang sangat disukai, Boletus edulis. Boletus edulis, adalah jamur yang lebih dikenal oleh gastronom di seluruh dunia sebagai porcini.

Dalam makalah tersebut, Keaton Tremble dan Bryn Dentinger, mempresentasikan survei genetik pertama dari jamur porcini di belahan bumi utara. Dengan mengevaluasi kode genetik dari sampel-sampel ini dari seluruh dunia. Mereka mengetahui bahwa jamur lezat ini berevolusi dengan cara yang mengejutkan—bertentangan dengan harapan banyak orang yang mungkin berpikir bahwa isolasi geografis akan menjadi pendorong utama keanekaragaman spesies. Namun faktanya, ada wilayah di dunia di mana porcini mempertahankan kekhasan genetiknya di relung ekologi lokal, bahkan jika mereka tidak terisolasi secara geografis dari garis keturunan genetik lainnya.

Kata Prancis: ‘terroir’, yang dipopulerkan oleh ahli vitikultur, langsung terlintas di benak. Terroir menggambarkan faktor-faktor lokal seperti jenis tanah, jumlah sinar matahari, derajat kemiringan, iklim mikro, mikroorganisme tanah, dll. Yang membuat setiap bidang tanah menghasilkan anggur yang khas. Ini adalah perayaan ekologi lokal dan pengaruhnya terhadap tanaman merambat, anggur, dan produk jadi.

Studi baru Tremble dan Dentinger menawarkan data yang menggiurkan bagi para pemburu jamur untuk mengeklaim bahwa porcini di petak hutan rahasia mereka mengekspresikan kualitas terroir mereka dengan cara yang sama seperti anggur terbaik di dunia.

Namun bukan itu inti penelitiannya. Dengan munculnya pengurutan genetik, sebagian besar studi genetik mikologi berfokus pada deskripsi karakteristik unik jamur di wilayah geografis yang kecil. Tremble dan Dentinger ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Daripada hanya membandingkan sekelompok jamur dari Colorado dengan kelompok di California untuk menyebut mereka spesies yang berbeda. Mereka malah ingin lebih memahami tren global tentang bagaimana kode genetik dipertahankan atau diubah di porcini. "Studi kami penting karena melampaui metode pengambilan sampel yang terlalu sederhana yang digunakan di masa lalu," kata Dentinger.

Keaton Tremble di Lab Genomics Natural History Museum of Utah (NHMU). (NHMU)

Apa yang mereka temukan adalah bahwa porcini telah berevolusi dengan cara yang berbeda, tetapi dapat dikenali dengan jelas di seluruh dunia. "Di Amerika Utara, ada stratifikasi yang kuat dari populasi genetik yang terpisah di daerah setempat, meskipun faktanya mereka tidak terisolasi secara reproduktif," jelas Tremble. "Namun di Eropa, ada satu garis keturunan yang mendominasi dari Spanyol hingga Georgia, bahkan hingga Skandinavia."

Ahli biologi evolusi biasanya percaya bahwa ada satu strategi evolusi yang mengatur proses spesiasi untuk organisme tertentu, tetapi Tremble dan Dentinger telah menunjukkan bahwa porcini sebenarnya menunjukkan banyak strategi yang berbeda. Faktanya, ini adalah studi genetik pertama pada organisme mana pun yang menunjukkan hasil seperti itu pada skala global.

 Baca Juga: Misteri Jamur, Organisme yang Bisa Bereproduksi Tanpa Pasangan

 Baca Juga: Walacea, Percampuran Genetik di Indonesia dan Ledakan Budaya di Seluruh Pasifik

 Baca Juga: Dunia Hewan: Misteri Berabad-abad Distribusi Terbatas Burung Gunung 

Hasil yang terkait dan signifikan adalah sanggahan dari gagasan tradisional bahwa isolasi adalah cara utama spesies mengembangkan keunikannya.