Phryne, Pelacur Yunani Kuno Bebas Hukuman Mati Bermodalkan Telanjang

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 25 November 2022 | 14:00 WIB
Phryne, pelacur dari Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Phryne adalah seorang pelacur terkenal dari Athena, Yunani kuno. Dia lebih dikenal karena kasus pengadilan yang dimenangkannya dengan memamerkan tubuhnya bertelanjang. Nama aslinya dalah Mnesarete tetapi orang-orang menyebutnya sebagai Phryne (kodok) karena kulitnya yang kuning.

Kehidupan Awal Phryne Hingga Terkenal

Phryne adalah putri Epicles dari Thespiae, tetapi menghabiskan sebagian besar hidupnya di Athena. Berbagai sejarawan memperkirakan bahwa dia lahir sekitar tahun 371 SM. Tepat di mana tahun ketika Thebes menghancurkan Thespiae tidak lama setelah pertempuran Leuctra dan mengusir penduduknya.

Berkat kecantikannya yang luar biasa, ia menjadi model yang berpose untuk berbagai pelukis dan pematung hebat, salah satunya Praxiteles. Sebenarnya, patung Phryne Praxiteles dibeli oleh kota Cnidus - setelah kota Cos yang awalnya menugaskannya, keberatan dengan dirinya yang telanjang. Namun hal itu menjadi daya tarik wisata yang begitu populer sehingga kota itu berhasil melunasi seluruh utangnya. 

Kecantikan Phryne juga menjadi bahan pembicaraan banyak sarjana Yunani kuno, yang memuji parasnya. Dikutip Ancient Origins, Athenaeus memberikan detail paling banyak tentang kehidupan Phryne. Athenaeus menyebutkan dalam karyanya berjudul The Deipnosophists:

“Phryne adalah wanita yang sangat cantik, bahkan di bagian-bagian tubuhnya yang tidak terlihat secara umum: karena itu tidak mudah untuk melihatnya telanjang; karena dia dulu memakai tunik yang menutupi seluruh tubuhnya, dan dia tidak pernah menggunakan pemandian umum. Tetapi pada pertemuan khusyuk festival Eleusinian, dan pada pesta Poseidonia, dia mengesampingkan pakaiannya di hadapan semua orang Yunani yang berkumpul, dan setelah melepaskan rambutnya,”

Kekayaan Ekstrim Phryne

Athenaeus juga mencatat bahwa Phryne adalah wanita mandiri terkaya pada masanya. Dia menjadi sangat kaya pada suatu saat dalam hidupnya sehingga menawarkan untuk mendanai pembangunan kembali tembok Thebes, yang telah dihancurkan oleh Alexander Agung pada tahun 336 SM. Dia menuntut agar kata-kata "Dihancurkan oleh Alexander, dipulihkan oleh Phryne si pelacur" akan tertulis di dinding.

Phryne ingin membuktikan bahwa gagasan yang menyebut bahwa wanita hanya akan diintimidasi oleh pria itu terpatahkan. Dia ingin membangun kembali apa yang telah dihancurkan Alexander Agung. Bahkan dalam hal ini bukan sembarang wanita, tetapi seorang pelacur. Namun, tawaran Phryne ditolak oleh para patriarki kota dan temboknya tetap dalam kehancuran.

Pengadilan Phryne

Phryne di Poseidonia di Eleusis oleh Henryk Siemiradzki (1889). (Public domain)

Phryne di depan Areopagus oleh Jean-Léon Gérôme (1861). (Public domain)