Eropa Singkap Eksekusi Lingchi, Fu Zhuli Jadi Orang yang Terakhir

By Galih Pranata, Minggu, 27 November 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi hukuman lingchi dalam video karya Chen Chieh-jen berjudul Lingchi—Echoes of a Historical Photograph (2002) yang diproduksi oleh Asian Production. (Chen Chieh-jen/Youtube)

Nationalgeographic.co.id—Pada musim dingin tahun 1904–1905, di Beijing, seorang pengawal bernama Fu Zhuli dituduh membunuh tuannya, seorang pangeran Mongol, dengan pisau daging.

Hukuman yang ditetapkan oleh kode Qing untuk menghukum kejahatan yang begitu serius (pembunuhan massal, pembunuhan ayah, pembunuhan ibu, dan lainnya) adalah eksekusi yang dikenal dengan sebutan lingchi.

"Lingchi telah dipraktikkan di Tiongkok sejak zaman Liao. dinasti Tiongkok pada abad kesepuluh," tulis Pablo Maurette kepada The Bueno Aires Review dalam artikel berjudul "The Forgotten Sense (fragment)" yang terbit pada Juli 2015.

Lingchi, umumnya diterjemahkan sebagai "kematian dengan seribu luka", yang terdiri dari prosesi mengikat terpidana ke sebuah tiang, lalu memotong tubuhnya menjadi beberapa bagian.

Eksekusi dimulai pada pagi musim dingin di pasar sayur Beijing pada tahun 1905. Di hadapan kerumunan yang terhenyak, algojo mulai memotong potongan besar daging dari dada, bisep, dan paha Fu Zhuli. Kemudian ia memotong anggota tubuh Fu Zhuli, lalu akhirnya memenggal kepalanya.

Setelah proses eksekusi selesai, algojo mengucapkan deklarasi standar: "Sha ren le" (Orang ini telah dieksekusi). Lingchi sejatinya bukanlah suatu penyiksaan yang tak berkesudahan, biasanya hanya berlangsung beberapa menit saja.

"Biasanya algojo, setelah membuat beberapa luka, menikam jantung orang yang terhukum untuk mengakhiri mimpi buruk itu," tambahnya. Pada dasarnya, kebanyakan sejarawan menggambarkan lingchi dengan melebih-lebihkannya.

 Baca Juga: Poena Cullei, Hukuman Mati dengan Karung yang Mengerikan di Era Romawi

 Baca Juga: Phryne, Pelacur Yunani Kuno Bebas Hukuman Mati Bermodalkan Telanjang

 Baca Juga: Belanda Sudah Meninggalkan Hukuman Mati, Kecuali untuk Hindia Belanda

Sinolog dan sejarawan Eropa pernah menyaksikan eksekusi lingchi secara langsung. Sebut saja salah satunya George Bataille. Mereka memandang kesadisan, tetapi hal tragis itu tidak sengeri yang dituliskan oleh sejarawan yang melakukan hiperbola.

Foto asli yang menunjukkan Fu Zhuli tengah dieksekusi lingchi di sebuah tiang pada tahun 1905. (The Tears of Eros (1989)/ACÉPHALE)