Poseidon, Dewa Yunani Ciptakan Gempa hingga Kisah Gelap dengan Medusa

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 27 November 2022 | 14:00 WIB
Patung kuno Poseidon, Dewa Laut Yunani yang perkasa, dengan latar belakang langit biru. (zwiebackesser)

Nationalgeographic.co.id – Poseidon adalah dewa laut Yunani yang juga memiliki kemampuan menciptakan badai dan gempa bumi. Dia diwakili memegang trisula, tombak besar bercabang tiga. Ia menikah dengan Amphitrite, ratu laut, tetapi memiliki banyak anak melalui hubungan di luar nikah lainnya.

Dikutip Theoi.com, Poseidon adalah salah satu dari 12 Olympian, dan saudara laki-lakinya adalah Zeus dan Hades. Zeus akan menjadi dewa langit sementara Hades akan menjadi dewa dunia bawah. Ini adalah beberapa fakta paling menarik tentang Poseidon.

Poseidon memiliki Anak dengan Medusa

Medusa adalah monster Gorgon dengan rambut ular yang bisa mengubah siapa pun menjadi batu ketika mereka menatap matanya. Medusa pernah menjadi wanita cantik. Medusa adalah seorang gadis yang melayani Athena di kuilnya.

Saat Medusa berada di kuil Athena, Poseidon memperkosanya dan menghamilinya dengan dua anak. Poseidon melarikan diri dari kuil tepat sebelum Athena menemukan bahwa Medusa secara tidak sengaja berhubungan intim dengan dewa laut di dalam kuilnya.

Ketika Athena menemukan Medusa telah akrab dengan Poseidon di kuilnya, Athena mengutuknya dengan keburukan dan rambut ular dan mengusirnya dari kuil. Dia akan datang untuk tinggal di sebuah pulau dekat Hesperides dan Sarpedon.

Perseus memenggal kepala Medusa setelah dia berubah menjadi monster, dua anak melompat dari lehernya. Kedua anak itu adalah anak-anak Poseidon. Anak-anak itu lahir pada waktu yang sama, dan mereka dikenal sebagai Pegasus dan Chrysaor. Pegasus adalah kuda bersayap putih, dan Chrysaor adalah seorang pemuda dengan pedang emas.

Poseidon Berkompetisi Melawan Athena untuk Kota Athena

Kota Athena membutuhkan dewa untuk melindungi dan mengawasinya. Cecrops adalah raja Athena dan meminta Poseidon dan Athena untuk memberinya hadiah yang akan bermanfaat bagi kota. Karunia ini akan menentukan siapa yang layak mengawasi kota Athena.

Dalam beberapa versi mitos, Poseidon menghadiahkan kota Athena dengan seekor kuda, sementara versi lain mengatakan dia memukul bumi dengan trisula, yang menyebabkan aliran air asin memasuki kota.

 Baca Juga: Mengapa Medusa sang Gorgon Cantik Dikutuk Menjadi Berambut Ular?

 Baca Juga: Dikutuk Athena, Wanita Berambut Ular Medusa Punya Kekuatan Mengerikan