Aphrodite, Dewi Seks dan Kecantikan Yunani Punya Banyak Simpanan

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 28 November 2022 | 10:00 WIB
Aphrodite suka ikut campur dalam kehidupan romantis manusia. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Dewi-dewi dalam mitologi Yunani dikenal karena kecantikannya, tetapi apakah ada dewi Yunani yang dikenal paling cantik? Dewi seks, cinta, dan gairah adalah Aphrodite. Dia dianggap sebagai dewi Yunani terindah dalam Mitologi.

Seperti dilansir Theoi, ada dua versi bagaimana Aphrodite lahir. Dalam versi pertama, Aphrodite lahir dari buih laut dari alat kelamin Uranus yang dikebiri. Versi lain memberikan orang tua Aphrodite Zeus dan Dione. Terlepas dari kelahirannya, Aphrodite terlahir sebagai dewi cinta dan dikenal sebagai dewi Yunani yang paling cantik.

Aphrodite Menikahi Hephaestus

Karena kecantikannya, banyak dewa ingin bersama Aphrodite. Zeus takut akan ada perang di antara para dewa jika mereka memperebutkan tangannya, jadi dia menikahkan Aphrodite dengan Hephaestus. Hephaestus adalah dewa api yang memiliki kaki cacat dan wajah mengerikan. Aphrodite tidak akan tetap setia pada Hephaestus.

Hephaestus adalah dewa api dan pengrajin yang terampil. Mengetahui bahwa Aphrodite tidak setia kepadanya, Hephaestus benar-benar menangkap Aphrodite dan Ares dengan jaring rantai di tempat tidur bersama dan membawa mereka ke Gunung Olympus untuk ditampilkan dan diejek. Karena kecantikan Aphrodite, Poseidon, dewa laut, membantu membebaskan Aphrodite di mana dia kembali ke Siprus.

Aphrodite dan Perang Troya

Perang Troya adalah perang terkenal dalam mitologi Yunani, yang menggambarkan perang antara kota Troy dan Yunani. Perang dipicu karena Paris menculik Ratu Helen dari Sparta, tetapi Aphrodite adalah alasan untuk menyalahkan Paris yang menculiknya.

Eris, dewi perselisihan, mempersembahkan sebuah apel emas kepada dewi tercantik, dan Zeus menganggap Paris akan menilai kecantikan mereka. Athena, Hera, dan Aphrodite semuanya berusaha keras untuk menerima apel emas. Paris meminta agar setiap dewi membawakannya persembahan terbaik. Persembahan terbaik akan menentukan siapa dewi tercantik. Aphrodite menawari Paris wanita tercantik di dunia, Helen of Sparta.

Paris memilih persembahan Aphrodite dari Helen of Sparta dan mengirimnya untuk diambil. Helen dari Sparta sudah menikah dengan Melanaos. Melanaos mengirim pasukan ke Troy untuk merebut kembali Helen, yang merupakan awal dari Perang Troya.

Aphrodite dan Ares

Aphrodite dan Ares. (Wikimedia )

Aphrodite memiliki hubungan intim dengan Ares, dewa perang meski telah menikah dengan Hephaestus. Dari hasil hubungan gelap mereka, lahirlah seorang putra, Eros. Eros adalah seorang Erotes, yang merupakan dewa bersayap. Eros adalah dewa seks dan sering digambarkan dengan busur dan anak panah.