Begini Perbedaan Mumifikasi Mesir Kuno Bagi Orang Kaya vs Miskin

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 30 November 2022 | 20:30 WIB
Proses mumifikasi di Mesir kuno bergantung pada kekayaan seseorang. (R1F1)

Nationalgeographic.co.id—Proses mumifikasi di Mesir kuno sangat penting karena dapat membantu orang mati memiliki kehidupan yang baik di dunia bawah. Itu adalah proses yang panjang dan mahal, yang tidak dilakukan secara merata untuk semua orang. Beberapa bahkan harus memulai akhirat tanpa organ dalam mereka, yang bukanlah situasi yang paling menyenangkan, tetapi tak terhindarkan!

Di Mesir kuno, mumi adalah tubuh yang diawetkan untuk kembalinya jiwa sehingga orang mati dapat memiliki pengalaman akhirat yang mulus. Ide tersebut muncul di benak orang Mesir kuno ketika mereka melihat mayat yang diawetkan secara alami di pasir panas. Dengan demikian, mumifikasi menjadi cara menghadapi kematian.

Kata 'mumi' berasal dari kata Arab mümiya, yang berarti 'aspal' atau 'sesuatu yang terbuat dari aspal'. Bitumen adalah zat tarry hitam yang secara keliru diyakini telah digunakan untuk mumifikasi. Kata Mesir untuk mumi adalah sah, yang berarti 'bangsawan' atau 'martabat'.

Ketika seorang Mesir meninggal, mayatnya dipindahkan ke pembalsem di tepi barat Sungai Nil. Barat adalah tempat matahari terbenam dan dianggap sebagai rumah orang mati. Bagaimana tepatnya prosesnya?

Mumifikasi Bagi Orang Kaya

Guci Canopic digunakan untuk menyimpan organ dan menjaganya tetap aman untuk akhirat. (eldeiv)

Sumber terbaik yang menggambarkan proses mumifikasi Mesir adalah tulisan-tulisan sejarah Herodotus. Dia adalah seorang sejarawan Yunani yang mengagumi Mesir dan menulis proses berusia 1000 tahun yang dia saksikan pada abad kelima SM. Berdasarkan tulisannya, tidak semua orang dimumikan dengan cara yang sama karena biayanya berbeda.

Proses mumifikasi yang ideal memakan waktu 80 hari. Organ dalam dikeluarkan melalui sayatan di samping, sedangkan hati, paru-paru, usus, dan perut masing-masing ditempatkan dalam toples yang disebut 'Canopic'. Selanjutnya, otak ditarik keluar melalui lubang hidung dengan jarum panjang. Kemudian bagian dalam tubuh dibersihkan, dan sayatan dijahit. Semua ini terjadi dalam 10 hari pertama setelah kematian. Dalam 70 hari tersisa, tubuh akan dibaringkan dengan bubuk natron agar kelembapannya terserap semua, namun kulit tidak menghitam dan mengeras. Terakhir, jenazah dimandikan dan dibungkus dengan perban linen.

Mumfikasi Bagi Orang Miskin

Jika keluarga tidak mampu membayar proses penuh, pembalsem akan menyuntikkan minyak ke dalam tubuh melalui anus. Setelah beberapa saat, minyak akan keluar, dan organ dalam yang terlarut akan mengalir keluar. Oleh karena itu, orang miskin harus memulai akhirat tanpa organ.

Terlepas dari prosesnya, mumi itu kemudian ditempatkan di peti mati kayu atau karton. Kerabat akan mengambil peti mati dan membawanya ke makam.

Pemakaman Mesir Kuno

Peti mati akan dipindahkan ke makam dengan kereta luncur yang ditarik oleh banteng. Para pelayat akan mengikuti, meratap dengan keras untuk menunjukkan kesedihan dan untuk mengusir roh jahat. Di belakang para pelayat, akan ada sebuah kuil dengan guci Canopic, bagi mereka yang memilikinya. Terakhir, ada para pelayan yang membawa semua barang yang dibutuhkan untuk kehidupan setelah kematian: tembikar, perlengkapan mandi, shabti, furnitur, dan model kecil.