Phobos, Dewa Ketakutan Yunani Kuno Asal Mula Lahir Kata Fobia

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 6 Desember 2022 | 20:00 WIB
Phobos, dewa ketakutan, digambarkan sebagai pria bermata lebar dengan mulut mengaum dan rambut singa. (Theoi.com)

Nationalgeographic.co.id – Dalam mitologi Yunani kuno, Phobos adalah dewa ketakutan. Phobos adalah ketakutan yang dipersonifikasikan dan mewakili perasaan daripada makhluk. Bahkan kata fobia di era modern saat ini, disebut berasal dari mitos Phobos.

Bukan hanya itu, Phobos juga digambarkan pada perisai para pahlawan saat mereka berperang. Jadi, siapakah Phobos? Mari simak kisah selengkapnya berikut ini.

Phobos Anak dari Ares, Dewa Perang di Mitologi Yunani Kuno

Phobos memiliki hubungan dengan Ares, sang dewa perang. Dia merupakan ayah dari Phobos. Phobos mempunyai saudara kembar bernama Deimos, yang merupakan dewa teror. Deimos dan Phobos sering digambarkan bersama karena mewakili perasaan yang sama. Phobos dan Deimos sering dipanggil untuk membantu Ares selama pertempuran karena perasaan yang mereka timbulkan pada musuh mereka.

Phobos terkadang diilustrasikan sebagai anak laki-laki berkepala singa. Selain itu, Phobos juga diilustrasikan dalam perisai Agamemnon berada di tengah perisai berkepala singa.

Phobos Banyak Terlibat dalam Perang

Istilah buah jatuh tak jauh dari pohonnya, nampaknya cocok disematkan bagi Phobos kepada Ares, dewa perang. Phobos sering terlibat dalam perang. Sang ayah, Ares sering mengajak anak-anaknya untuk ikut berperang. Di Sparta, Phobos disembah karena dia adalah putra Ares dan menimbulkan ketakutan pada musuh Spartan. Jika pengorbanan dilakukan selama pertempuran, itu akan dilakukan atas nama Phobos untuk menghormatinya. Phobos dan Deimos sering terlihat mengendarai kereta Ares, mewakili aliansi mereka dengan ayah mereka dalam pertempuran.

Selain ayahnya, Ares, dan saudara laki-lakinya, Deimos, Phobos juga ikut serta dalam aliansi perang-perang berikut; Keres (roh kematian), Proioxis, Homados, Palioksi, Androktasiai dan Kydoimos.

Phobos dalam The Iliad dan Shield of Hercules 

Homer menyebutkan Phobos di The Iliad berkali-kali. Phobos digambarkan bergabung dengan saudara laki-lakinya, Deimos, dan saudara perempuannya, Eris, dalam mengemudikan Ares dengan keretanya.

Penyebutan Phobos lainnya dalam The Iliad menggambarkan Athena memegang pelindung yang dihiasi dengan Phobos dan saudara-saudaranya. Perisai ini melingkupi saudara-saudara Phobos karena setiap saudara mirip satu sama lain. Phobos adalah dewa ketakutan, Eris adalah dewi perselisihan, dan Deimos adalah dewa teror. Perisai itu juga berisi Alke dan Ioce. Alke melambangkan kekuatan ekstrim, dan Ioce melambangkan serangan gencar.

Homer menyebutkan bahwa Ares menggambarkan Phobos sebagai ‘putra kesayangannya’, yang berada di sampingnya saat dia memasuki medan perang. Homer menggambarkan Phobos membawa ketakutan bahkan kepada prajurit yang paling sabar dan bijaksana.