Telisik Sisi Lain Kehidupan Sosial Masyarakat Mesir Kuno, Seperti Apa?

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 6 Desember 2022 | 17:56 WIB
Seni berkembang dan tetap konsisten di masa Kerajaan Lama Mesir kuno. (Vixit)

Nationalgeographic.co.id—Masyarakat Mesir sangat konservatif dan tradisional. Tradisi menjadi semboyan, yang puncaknya adalah Dinasti Keempat ketika kekuasaan firaun berada di puncaknya.

Mesir adalah masyarakat yang sangat konservatif, dengan tidak banyak kesempatan untuk memperbaiki diri. Menjadi juru tulis atau menjadi Angkatan Darat memang menawarkan beberapa peluang untuk mobilitas sosial dan ekonomi, tetapi sejumlah besar orang Mesir tidak memiliki peluang apa pun untuk memperbaiki kehidupan mereka.

Ketenangan dalam Masyarakat Mesir

Selama periode piramida, ada stabilitas dan ketenangan yang luar biasa dalam masyarakat Mesir. Misalnya dalam seni Mesir, gaya kanonik tetap berkembang pada awal Kerajaan Lama dan tetap sangat konsisten sepanjang sejarah Mesir, hanya seorang ahli yang dapat mendeteksi perubahan apa pun selama ratusan tahun.

Konservatisme Mesir

Tidak ada tempat bagi individualisme, orisinalitas, atau kreativitas dalam seni Mesir atau masyarakat Mesir. Berbeda dengan orang Yunani, yang belajar banyak dari mereka dan terus-menerus mengubah cara mereka melakukan seni, sebagai orang Mesir, mereka melihat tidak perlu mengubah cara merepresentasikan dunia. Bahasa seni Mesir dibangun di atas simetri aksial, proporsi, bentuk geometris, terutama persegi panjang dan bujur sangkar, dan di bagian depan dan sudut pandang profil. Semua itu dengan sendirinya memperdebatkan konservatisme seni mereka.

Tapi seni hanyalah salah satu manifestasi dari konservatisme Mesir. Para dewa mendirikan dunia mereka untuk selama-lamanya. Mereka hanya melakukan apa yang selalu dilakukan ayah dan nenek moyang mereka, cara terbaik untuk menjamin masa depan mereka. Mereka bebas dari pengaruh asing karena orang asing tidak punya apa-apa untuk diajarkan kepada mereka. Tidak ada gunanya bepergian ke luar negeri kecuali seseorang terlibat dalam perdagangan internasional.

Memahami Maat

Orang Mesir percaya pada keindahan, proporsi, keseimbangan, keteraturan, kebenaran abadi, dan ketenangan yang disebut maat, sering kali diwakili oleh bulu tegak dan dipersonifikasikan sebagai dewi. Yang kebetulan, yang jelek, yang cabul tidak memiliki bagian dalam visi ideal mereka tentang dunia. Mereka memupuk indera mereka dan menikmati hal-hal baik dalam hidup dan merupakan pengamat hewan dan alam yang tajam, memuliakan hewan dengan cara yang mengesankan. Praktik mumi kucing memberikan bukti kuat tentang kasih sayang mereka terhadap kucing.

Namun tidak semua orang yang tinggal di Mesir selama kurun waktu 3.000 tahun, berpikiran seperti itu. Sangat mudah untuk menggambarkan Mesir kuno sebagai budaya statis dan monolitik, tetapi pada akhirnya, orang Mesir tidak lagi dapat menjauh dari orang-orang di sekitar mereka.

Naskah Hieroglif 

Orang Mesir meninggalkan informasi yang cukup tentang kehidupan sehari-hari mereka daripada orang kuno lainnya, juga karena pasir kering Mesir, yang melestarikan pemandangan kehidupan sehari-hari yang digambarkan di makam mereka di mana benda-benda halus, seperti kertas dan kain papirus, juga bertahan. Alasan lainnya adalah karena orang Mesir sangat terpelajar, atau setidaknya ada sekelompok orang Mesir, para ahli Taurat, yang terpelajar. Sebagian besar orang Mesir biasa tidak bisa membaca atau menulis.