Analisis DNA Purba Ungkap Kehidupan Keseharian Yahudi Ashkenazi

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 9 Desember 2022 | 10:00 WIB
Analisis DNA Purba mengungkap kehidupan sehari-hari Yahudi Ashkenazi di Abad Pertengahan. (Ancient Pages)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok ilmuwan internasional menggali DNA purba dari gigi, dan setelah dianalisis terungkap kehidupan komunitas Yahudi Ashkenazi abad pertengahan yang pernah berkembang pesat di Erfurt, Jerman. Studi yang diterbitkan dalam Journal Cell menunjukkan bahwa komunitas Yahudi Erfurt lebih beragam secara genetik daripada Yahudi Ashkenazi modern.

Sekitar setengah dari orang Yahudi saat ini diidentifikasi sebagai Ashkenazi, artinya mereka berasal dari orang Yahudi yang tinggal di Eropa Tengah atau Timur. Istilah ini awalnya digunakan untuk mendefinisikan kelompok budaya Yahudi yang berbeda yang menetap pada abad ke-10 di Rhineland Jerman. Meskipun banyak spekulasi, ada banyak celah dalam pemahaman kita tentang asal-usul dan pergolakan demografis mereka selama milenium kedua. Di Mediterania Kuno

"Hari ini, jika Anda membandingkan Yahudi Ashkenazi dari Amerika Serikat dan Israel, mereka sangat mirip secara genetik, hampir seperti populasi yang sama di mana pun mereka tinggal," kata ahli genetika Profesor Shai Carmi dari Hebrew University of Jerusalem. Namun berbeda dengan keseragaman genetik saat ini, ternyata komunitas tersebut lebih beragam 600 tahun yang lalu.

Menggali DNA kuno dari 33 orang Yahudi Ashkenazi dari Erfurt abad pertengahan, tim menemukan bahwa komunitas tersebut dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok. Yang satu lebih berhubungan dengan individu dari populasi Timur Tengah dan yang lainnya dengan populasi Eropa, kemungkinan termasuk migran ke Erfurt dari Timur. Temuan menunjukkan bahwa setidaknya ada dua kelompok yang berbeda secara genetik di Erfurt abad pertengahan. Namun, variabilitas genetik itu tidak ada lagi pada orang Yahudi Ashkenazi modern.

Komunitas Yahudi abad pertengahan Erfurt ada antara abad ke-11 dan ke-15, dengan jeda pendek setelah pembantaian tahun 1349. Kadang-kadang, itu adalah komunitas yang berkembang pesat dan salah satu yang terbesar di Jerman. Menyusul pengusiran semua orang Yahudi pada tahun 1454, kota tersebut membangun lumbung di atas pemakaman Yahudi. Pada 2013, ketika lumbung kosong, kota mengizinkan pengubahannya menjadi tempat parkir. Ini membutuhkan konstruksi tambahan dan penggalian penyelamatan arkeologi.

"Tujuan kami adalah untuk mengisi celah dalam pemahaman kami tentang sejarah awal Yahudi Ashkenazi melalui data DNA kuno," jelas Carmi. Sementara data DNA kuno adalah alat yang ampuh untuk menyimpulkan demografi historis, data DNA kuno Yahudi sulit didapat, karena hukum Yahudi melarang gangguan orang mati dalam banyak situasi.

Dengan persetujuan komunitas Yahudi setempat di Jerman, tim peneliti mengumpulkan gigi yang terlepas dari sisa-sisa yang ditemukan di pemakaman Yahudi abad ke-14 di Erfurt.

Para peneliti juga menemukan bahwa peristiwa pendiri, yang membuat semua orang Yahudi Ashkenazi hari ini menjadi keturunan populasi kecil, terjadi sebelum abad ke-14. Misalnya, melalui DNA mitokondria, materi genetik yang kita warisi dari ibu kita, mereka menemukan bahwa sepertiga individu Erfurt yang diambil sampelnya berbagi satu urutan spesifik. Temuan menunjukkan bahwa populasi Yahudi Ashkenazi awal sangat kecil sehingga sepertiga individu Erfurt adalah keturunan dari seorang wanita lajang melalui garis ibu mereka.

Setidaknya delapan individu Erfurt juga membawa mutasi genetik penyebab penyakit yang umum terjadi pada orang Yahudi Ashkenazi modern tetapi jarang terjadi pada populasi lain — ciri khas dari peristiwa pendiri Yahudi Ashkenazi.

"Yahudi di Eropa adalah minoritas agama yang dipisahkan secara sosial, dan mereka mengalami penganiayaan berkala," jelas rekan penulis Universitas Harvard. Meskipun kekerasan antisemit hampir memusnahkan komunitas Yahudi Erfurt pada tahun 1349, orang Yahudi kembali lima tahun kemudian dan berkembang menjadi salah satu yang terbesar di Jerman. "Pekerjaan kami memberi kami wawasan langsung ke dalam struktur komunitas ini."

Baca Juga: Sejarah Panjang Praktik Sunat: Ritual, Agama, Hukuman, hingga Medis

Baca Juga: Ketika Agama Jadi Senjata Rahasia Aleksander Agung Menaklukkan Dunia