Selene, Dewi Bulan Memberikan Manusia Mimpi di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:00 WIB
Selene dan Endymion. (Carlos Parada)

Nationalgeographic.co.id – Selene adalah dewi bulan dalam mitologi Yunani kuno. Dia merupakan seorang Titan dan putri dari Titans Hyperion dan Theia. Selene memiliki saudara laki-laki dan perempuan. Kakaknya, Helios, adalah dewa matahari, dan saudara perempuannya, Eos, adalah dewi fajar.

Selene digambarkan sebagai seorang wanita cantik dengan sayap panjang yang memancarkan cahaya lembut. Dia mengendarai kereta yang ditarik oleh dua kuda putih. Selene juga dikenal dengan julukannya, Phoebe (bulan terang).

Pada malam hari, Selene akan mengendarai keretanya dengan bulan melintasi langit. Saat malam berakhir dan hari mulai, Eos akan muncul di langit sebagai dewi fajar. Jadi, siapakah Selene sebenarnya? Mari simak kisahnya. 

Kekuatan Selene

Dikutip Theoi, Selene dipuja dalam mitologi Yunani karena kemampuannya menarik bulan melintasi langit dengan keretanya untuk memberikan cahaya terang di langit yang gelap. Selene dianggap sebagai mata malam yang melihat segalanya karena bulan akan selalu terlihat di langit malam, dan tidak ada yang bisa lari darinya.

Selene juga memiliki kekuatan untuk memberikan tidur kepada manusia dengan membiarkan mereka memiliki periode hari tanpa matahari. Selene mewakili perubahan konstan. Saat bulan melewati fase yang berbeda setiap bulan, Selene mempersonifikasikan perubahan kehidupan yang konstan.

Kekuatan lain yang dimiliki Selene adalah kemampuan untuk membiarkan manusia bermimpi saat mereka tidur. Dia sering mengunjungi manusia dalam tidur mereka dan memberi mereka jawaban atas pertanyaan yang mungkin mereka tanyakan.

Selene dan Endymion

Salah satu mitos Selene yang paling populer adalah kisah hubungannya dengan Endymion. Selene mulai menjalin hubungan dengan Endymion fana. Endymion adalah seorang gembala yang tinggal di Yunani di Gunung Latmos. Selene terpikat dengan Endymion. Selene meminta Zeus untuk memberikan Endymion awet muda.

Baca Juga: Kisah Dewa Waktu Cronus Memakan Lima Anaknya dalam Mitologi Yunani

Baca Juga: Mengenal 12 Titan dalam Mitologi Yunani Sebelum Kejayaan Olympus

Baca Juga: Perang Titan, Asal-usul Zeus Jadi Dewa Terkuat dalam Mitologi Yunani