Temuan Arkeologis Ungkap Manusia Purba Siapkan Makanan, Seperti Apa?

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 10 Desember 2022 | 15:00 WIB
Manusia gua kuno duduk di dekat api unggun. (Adobe Stock - de Art)

 

Nationalgeographic.co.id – Manusia bertahan hidup salah satunya dengan makan. Oleh sebab itu, kita tidak bisa terlepas dengan makanan. Sebuah analisis tentang sisa-sisa makanan hangus tertua yang pernah ditemukan menunjukkan bahwa meramaikan makan malam adalah kebiasaan manusia sejak setidaknya 70.000 tahun yang lalu.

Dikutip Ancient Pages, studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Cells menunjukkan baik Neanderthal dan Homo sapiens memiliki pola makan kompleks yang melibatkan beberapa langkah persiapan, dan berusaha membumbui dan menggunakan tanaman dengan rasa pahit dan tajam.

Tingkat kerumitan kuliner ini belum pernah didokumentasikan sebelumnya untuk pemburu-pengumpul Paleolitik. Sebelum penelitian ini, sisa makanan nabati paling awal yang diketahui di Asia barat daya berasal dari situs pemburu-pengumpul di Yordania yang kira-kira berasal dari 14.400 tahun yang lalu, dilaporkan pada tahun 2018.

Diketahui sisa-sisa makanan dari dua situs Paleolitik akhir, yang mencakup rentang waktu hampir 60.000 tahun, untuk melihat pola makan para pemburu-pengumpul awal. Bukti  didasarkan pada potongan-potongan makanan nabati yang sudah disiapkan (pikirkan potongan roti yang dibakar, dan gumpalan bubur) yang ditemukan di dua gua. Dengan mata telanjang, atau di bawah mikroskop berdaya rendah, mereka terlihat seperti remah-remah atau bongkahan yang dikarbonisasi, dengan potongan-potongan biji yang menyatu. Akan tetapi mikroskop elektron pemindaian yang kuat memungkinkan kami untuk melihat detail sel tumbuhan.

Koki prasejarah

Bukan hanya itu, pecahan makanan berkarbonasi di Gua Franchthi (Aegean, Yunani) juga ditemukan. Pecahan makanan ini berasal dari sekitar 13.000-11.500 tahun yang lalu. Di Gua Franchthi, ditemukan satu fragmen dari makanan yang digiling halus yang mungkin berupa roti, adonan atau sejenis bubur selain makanan yang kaya akan biji-bijian, makanan yang digiling kasar.

Baca Juga: Manusia Modern dan Manusia Purba Neanderthal Bertemu 50.000 Tahun Lalu

Baca Juga: Homo Sapiens Mengalahkan Neanderthal Saat Perubahan Iklim Terjadi

Di Gua Shanidar, Zagros, Kurdistan, Irak, terkait dengan manusia modern awal sekitar 40.000 tahun yang lalu dan Neanderthal sekitar 70.000 tahun yang lalu, juga ditemukan potongan makanan purba. Ini termasuk mustard liar dan terebinth (pistachio liar) yang dicampur ke dalam makanan. Benih rumput liar bercampur dengan kacang-kacangan di sisa-sisa hangus dari lapisan Neanderthal. Studi sebelumnya di Shanidar menemukan jejak biji rumput di karang gigi pada gigi Neanderthal.

Di kedua lokasi tersebut sering dijumpai biji pala yang digiling atau ditumbuk seperti vetch pahit (Vicia ervilia), ercis (Lathyrus spp) dan ercis (Pisum spp). Orang-orang yang tinggal di gua-gua ini menambahkan benih ke dalam campuran yang dipanaskan dengan air selama menggiling, menumbuk benih yang direndam.

Dalam masakan modern, kacang-kacangan ini sering direndam, dipanaskan, dan dikuliti (dibuang kulit bijinya) untuk mengurangi rasa pahit dan racunnya. Peninggalan kuno yang mereka temukan menunjukkan bahwa manusia telah melakukan ini selama puluhan ribu tahun. Namun fakta bahwa kulit biji tidak sepenuhnya dihilangkan mengisyaratkan bahwa orang-orang ini ingin mempertahankan sedikit rasa pahitnya.

Apa studi sebelumnya menunjukkan