Castor dan Pollux, Kembar Gemini Tak Terpisahkan Akibat Pilihan Zeus

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 11 Desember 2022 | 11:00 WIB
Castor dan Pollux dikenal sebagai lambang zodiak gemini. Mereka adalah saudara tiri kembar. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Castor dan Pollux dikenal sebagai lambang zodiak gemini. Mereka adalah saudara tiri kembar. Namun bukan kembar biasa, mereka berbagi ibu yang sama tetapi berbeda ayah. 

Biasanya yang terjadi adalah kembar identik atau fraternal. Namun kasus pada Castor dan Pollux, ialah jenis kembar Superfekundasi Heteropaternal, yaitu kembar akibat proses pembuahan dua sel telur atau lebih oleh sperma dalam siklus haid yang sama, tetapi dari hubungan seks yang berbeda.

Dilansir Theoi, Ayah Castor adalah raja Sparta fana, Tyndareus, dan ayah Pollux adalah dewa langit Yunani, Zeus. Dengan dua ayah yang berbeda, mereka berbagi ibu fana yang sama, yaitu Leda.

Siapa Leda? Leda adalah angsa. Dia juga seorang putri dari wilayah di Yunani bernama Aetolia. Putri fana yang ayahnya adalah Raja Aetolia bernama Thestius ini menikah dengan Raja Sparta, Tyndareus, dan memiliki banyak anak bersamanya, termasuk Castor dan Helen dari Troy. Lalu, bagaimana kisah Castor dan Pollux?

Leda, Zeus, dan Tyndareus

Suatu malam, Zeus menyamar sebagai angsa yang perlu diselamatkan dari seekor elang yang mencoba menyerangnya. Leda menyelamatkan angsa itu dan tanpa sadar dihamili olehnya. Malam itu, Leda kembali ke rumah dan juga dihamili oleh suaminya, Tyndareus. Dari kedua ayah ini, Castor dan Pollux lahir sebagai saudara kembar.

Castor dan Pollux, Tak Dapat Terpisahkan

Castor dan Pollux sering berpartisipasi dalam banyak mitos Yunani, termasuk menemani Jason dan Argonauts, serta penyelamatan Helen dari Theseus.

Dalam pencarian Jason bersama para Argonaut untuk menemukan Bulu Domba Emas, Castor dan Pollux menemani mereka. Pollux mengalahkan Raja Amycus dalam kontes tinju saat dalam perjalanannya bersama Jason dan Argonauts. Saat tiba di Iolcus, Castor dan Pollux membantu Jason dan Peleus menghancurkan kota setelah Raja Pelias memerintahkan Jason untuk menemukan Bulu Emas.

Mitos legendaris lain yang ditampilkan Castor dan Pollux adalah kisah penculikan Helen. Helen diculik oleh Theseus, seorang raja, dan pendiri Athena. Kerajaannya dikenal sebagai Attica, di mana dia mengambil Helen. Setelah Castor dan Pollux menyelamatkan Helen, mereka membalas budi kepada Theseus dengan menculik ibunya, Aethra, dan membawanya kembali ke Sparta. Di Sparta, Aethra dipaksa bertindak sebagai budak Helen, sampai jatuhnya Troy setelah Perang Troya ketika dia dikembalikan ke Athena. 

Castor dan Pollux, Kembar Gemini 

Meskipun mereka memiliki ayah yang berbeda, Castor dan Pollux adalah saudara kembar yang tidak dapat dipisahkan. Mereka saling menjaga sampai akhir.