Kehidupan Sosial Bangsa Viking, Perempuan Menikah Umur 12 Tahun

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 11 Desember 2022 | 14:00 WIB
Keseharian kehidupan wanita Viking (History Extra)

Nationalgeographic.co.id – Viking hidup dalam keluarga besar yang terdiri dari orang tua, anak, kakek, dan nenek. Ketika anak laki-laki tertua mengambil alih perkebunan, dia menjadi kepala keluarganya dan bertanggung jawab atas kesejahteraan semua orang.

Dia harus menyediakan makanan untuk keluarga dan istrinya, yang bertanggung jawab atas rumah harus membuat mentega dan keju, mengeringkan dan mengasapi ikan, dan menyiapkan tempat penyimpanan makanan yang cukup untuk semua orang selama musim dingin yang panjang dan gelap.

Selain itu, ia juga diharapkan memiliki pengetahuan tentang jamu untuk menyiapkan obat bagi yang sakit dan terluka. Tanggung jawab untuk hewan peliharaan dan hewan ternak ada di pundaknya dan ketika lelaki itu melakukan perjalanan dagang, berburu, atau berjalan di Viking (dimaksudkan menghilang untuk waktu yang lama), istrinyalah yang bertanggung jawab atas hampir semua hal di rumah dan mengelola seluruh peternakan. Para wanita dipuji karena keterampilan menjalankan rumah dan kemampuan artistik mereka yang luar biasa. Merekalah yang mengurus semua tanah pertanian dan harta benda.

Menikah

Tidak banyak pengetahuan tentang ritual pernikahan Viking itu sendiri, tetapi indikasi tertentu dari mitos dan tradisi yang mengikuti dari Zaman Viking menjelaskan masalah ini. Biasanya pernikahan adalah pesta dengan kerabat dan teman yang berlangsung selama beberapa hari.

Anak laki-laki dan perempuan Viking menikah sangat awal. Anak perempuan biasanya menikah ketika mereka berusia antara 12 dan 15 tahun. Saat menikah, biasanya gadis-gadis Viking ini masih anak-anak, tetapi mereka belajar dari ibu dan nenek mereka bagaimana mengelola rumah tangga dengan benar, memasak, membersihkan, menyiapkan makanan, membuat benang, menenun, dan menjahit. Gadis-gadis juga diajari pekerjaan bertani dan merawat hewan karena itu adalah tugas mereka untuk menjalankan peternakan ketika laki-laki pergi.

Baca Juga: Jejak Keganasan Bangsa Viking Menjadi Tentara Bayaran Bizantium

Baca Juga: Temuan Bros Berusia 1200 Tahun, Diduga Dari Makam Wanita Bangsa Viking

Baca Juga: Peneliti Ungkap Penyebab Viking Hilang secara Misterius dari Greenland

Perkawinan yang direncanakan oleh sanak keluarga itu dipandang sebagai perjanjian untuk saling memberi pertolongan dan perlindungan. Undang-undang tidak memerlukan persetujuan dari wanita saat menikah dan gadis itu sendiri tidak banyak bicara tentang masalah ini. Akan tetapi, menurut tradisi lisan kuno, para ayah biasanya membicarakan hal ini dengan anak perempuan mereka.

Mahar Wanita Adalah Harta Pribadinya

Pengantin wanita membawa kain linen dan wol, alat tenun, dan tempat tidur sebagai bagian dari mas kawinnya. Para wanita dari keluarga kaya juga dapat membawa serta perhiasan yang terbuat dari perak dan emas, hewan peliharaan, dan bahkan peternakan sebagai bagian dari mas kawin.