Kenapa Masih Banyak Orang yang Merokok dan Sulit Untuk Berhenti?

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 15 Desember 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi merokok. (Lil Artsy)

Nationalgeographic.co.id—Anda perokok? Jika iya, berhati-hatilah. Sebuah laporan baru dari U.S. Surgeon General menunjukkan bahwa bahkan paparan singkat terhadap asap tembakau termasuk asap rokok dapat segera merusak tubuh dan dapat menyebabkan penyakit serius atau kematian.

Ahli Bedah AS Regina M. Benjamin mengatakan bahwa bahan kimia dalam asap tembakau mencapai paru-paru Anda dengan cepat setiap kali menghirup, menyebabkan kerusakan dengan cepat.  Menghirup asap tembakau dalam jumlah terkecil sekalipun juga dapat merusak DNA Anda, yang dapat menyebabkan kanker.

Laporan tersebut menyatakan bahwa segera setelah seseorang menghirup campuran bahan kimia beracun yang ada dalam asap rokok, lapisan halus paru-paru menjadi meradang. Seiring waktu, peradangan ini dapat membuat sulit bernapas dan menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik, termasuk emfisema dan bronkitis kronis.

Asap tembakau mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia, senyawa dan karsinogen, ratusan di antaranya beracun dan setidaknya 70 di antaranya diketahui menyebabkan kanker. Seseorang tidak harus menjadi perokok berat untuk menderita efek buruk bahan kimia ini, paparan apa pun terhadapnya dapat merusak DNA dengan cara yang mengarah pada kanker.

Paparan singkat asap rokok juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan memicu kejadian jantung akut seperti serangan jantung, laporan tersebut menunjukkan. Bahan kimia dalam asap tembakau dengan cepat merusak pembuluh darah dan membuat darah lebih mungkin menggumpal, yang menyebabkan penyakit kardiovaskular dan meningkatkan risiko stroke, aneurisma aorta, dan serangan jantung.

Merokok menyebabkan lebih dari 85% kanker paru-paru dan dapat menyebabkan kanker hampir di mana saja di tubuh, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, dan satu dari tiga kematian akibat kanker di AS terkait dengan tembakau. Meski berpotensi menyebabkan kematian, namun jumlah perokok tetap tinggi. Jadi mengapa merokok begitu sulit untuk ditinggalkan?

Menghirup kepulan asap rokok mengirimkan molekul nikotin ke otak dalam hitungan detik. Di sana, nikotin mencengkeram reseptor pada sel-sel otak dan melepaskan gelombang dopamin, bahan kimia otak yang membuat perasaan senang dan nyaman.

Selain dopamin, merokok juga mengaktifkan pelepasan molekul lain di otak termasuk bahan kimia yang disebut opioid endogen, sehingga meningkatkan perasaan positif dan mengurangi perasaan negatif, menurut penelitian tahun 2004 dari University of Michigan.

Perusahaan rokok juga tidak membuat orang lebih mudah menghentikan kebiasaan itu. USA Today melaporkan bahwa selama dekade terakhir, perusahaan telah membuat perubahan pada desain dan bahan rokok agar lebih menarik bagi perokok pemula, dan lebih membuat ketagihan bagi perokok lama.

Perubahan ini termasuk menambahkan amonia ke tembakau, yang mengubah nikotin menjadi bentuk yang lebih cepat masuk ke otak, serta menambahkan lubang pada filter rokok yang memungkinkan orang menghirup asap lebih dalam ke paru-paru mereka. Penambahan lain, seperti gula dan "penambah kelembapan", mengurangi sensasi kering dan terbakar dari merokok, menjadikannya pengalaman yang lebih menyenangkan - terutama bagi perokok baru.

Baca Juga: Sudah Seefektif Apa Strategi Pengendalian Konsumsi Rokok di Indonesia?

Baca Juga: Tidak Sama, Beberapa Orang Ternyata Tidak Mudah Kecanduan Rokok