Fakta: Meski Terlihat Ringan, Nyatanya Berat Awan Setara 100 Gajah

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 12 Desember 2022 | 07:41 WIB
Awan nampak ringan dilihat dari udara, ternyata memiliki bobot lebih berat dari yang terlihat. (Pexels)

Nationalgeographic.co.id—Saat terbang dengan pesawat, nampak jelas pemandangan di atas selimut awan, berwarna putih dan abu-abu terlihat lembut, halus, dan lebih ringan dari udara. Tapi tahukah Anda? Penampakan awan yang nampak ringan tersebut, ternyata memiliki berat daripada yang terlihat. Jadi berapa berat awan? Lalu bagaimana caranya untuk menimbang awan? Mari simak penjelasan selengkapnya di sini.

Awan sebagian besar terdiri dari udara dan jutaan tetesan air kecil, yang terbentuk saat air mengembun di sekitar partikel benih. Partikel benih bisa apa saja dari asam nitrat hingga uap yang dikeluarkan oleh pohon, tetapi umumnya sangat kecil.

Dikutip Live Science, beberapa peneliti mencoba untuk memperdalam terkait berat awan. Menurt mereka, ada beberapa cara untuk mengukur berat awan. Yang pertama adalah menimbang uap air yang menyusunnya dan untuk melakukan itu, "Anda perlu mengetahui sesuatu tentang dimensi awan dan juga harus tahu seberapa padat tetesannya," kata Armin Sorooshian, ahli hidrologi di University of Arizona

Beberapa tahun yang lalu, Margaret LeMone, seorang ilmuwan atmosfer di Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Boulder, Colorado, bertanya-tanya tentang berat air di rata-rata awan kumulus. Jadi dia menghitungnya. Pertama, dia mengukur ukuran bayangan awan dan memperkirakan tingginya, dengan asumsi berbentuk kubus.

Awan biasanya tidak berbentuk kubus, tetapi awan kumulus seringkali setinggi dan lebarnya, sehingga asumsi ini membantu merampingkan perhitungan volume. Kemudian, berdasarkan penelitian sebelumnya, dia memperkirakan massa jenis tetesan air sekitar 1/2 gram per meter kubik. "Saya menghasilkan sekitar 550 ton (499 metrik ton) air," kata LeMone.

Itu kira-kira seberat 100 gajah yang digantung di atas kepala Anda. "Ini sangat mengesankan," kata Soroohsian.

Tentu saja, jenis awan yang berbeda memiliki bobot yang berbeda pula. Misalnya, awan cirrus jauh lebih ringan, karena memiliki air yang jauh lebih sedikit per satuan volume. Awan cumulonimbus (petir gelap yang Anda lihat tepat sebelum badai) cenderung jauh lebih berat.

Namun, "seluruh volume awan bukan hanya tetesan; ada udara juga," kata Sorooshian. Jika seseorang ingin mengambil perhitungan LeMone selangkah lebih maju, mereka dapat memperhitungkan berat udara di antara setiap tetesan.

   

Baca Juga: Teleskop James Webb Mendeteksi Awan Silikat di Katai Coklat Terdekat

Baca Juga: Perusahaan Ini Bisa Pastikan Acaramu Bebas Hujan dengan Cara Saintifik

Baca Juga: Fotosintesis di Awan Venus Mungkin Mendukung Adanya Kehidupan