Astronom Temukan Dua Eksoplanet yang Sebagian Besar Terdiri dari Air

By Wawan Setiawan, Sabtu, 17 Desember 2022 | 14:00 WIB
Sebuah tim yang dipimpin oleh astronom UdeM telah menemukan bukti bahwa dua exoplanet yang mengorbit bintang kerdil merah adalah (Université de Montréal)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah tim yang dipimpin oleh astronom UdeM telah menemukan bukti bahwa dua eksoplanet yang mengorbit bintang kerdil merah adalah "dunia air," planet tempat sebagian besar volumenya terdiri dari air. Dunia-dunia ini, yang terletak di sistem planet yang berjarak 218 tahun cahaya di konstelasi Lyra, tidak seperti planet mana pun yang ditemukan di tata surya kita.

Tim yang dipimpin oleh mahasiswa PhD Caroline Piaulet dari Trottier Institute for Research on Exoplanets (iREx) di Université de Montréal, menerbitkan studi rinci tentang sistem planet yang dikenal sebagai Kepler-138 ini dalam jurnal Nature Astronomy pada 15 Desember dengan judul “Evidence for the volatile-rich composition of a 1.5-Earth-radius planet.”

Piaulet, yang merupakan bagian dari tim penelitian Björn Benneke, mengamati eksoplanet Kepler-138c dan Kepler-138d dengan Hubble NASA dan teleskop antariksa Spitzer yang telah pensiun. Ia menemukan bahwa planet-planet tersebut - yang berukuran sekitar satu setengah kali ukuran Bumi, sebagian besar dapat terdiri dari air. Planet-planet ini dan planet pendamping yang lebih dekat dengan bintang, Kepler-138b, telah ditemukan sebelumnya oleh Teleskop Luar Angkasa Kepler milik NASA.

Air tidak terdeteksi secara langsung, tetapi dengan membandingkan ukuran dan massa planet dengan model, mereka menyimpulkan bahwa sebagian besar volumenya - hingga setengahnya - seharusnya terbuat dari bahan yang lebih ringan dari batu tetapi lebih berat daripada hidrogen atau helium (yang merupakan bagian terbesar dari planet gas raksasa seperti Jupiter). Bahan kandidat yang paling umum adalah air.

"Kami sebelumnya berpikir bahwa planet yang sedikit lebih besar dari Bumi adalah bola logam dan batu besar, seperti versi Bumi yang diperbesar. Itulah mengapa kami menyebutnya Bumi super," jelas Benneke. "Namun, kami sekarang telah menunjukkan bahwa kedua planet ini, Kepler-138c dan d, sangat berbeda sifatnya: sebagian besar dari seluruh volumenya kemungkinan besar terdiri dari air. Ini adalah pertama kalinya kami mengamati planet yang dapat diidentifikasi secara pasti sebagai dunia air, sejenis planet yang diteorikan oleh para astronom telah ada sejak lama."

Potongan melintang Bumi (kiri) dan planet ekstrasurya Kepler-138 d (kanan). Seperti Bumi, planet ekstrasurya ini memiliki interior yang terdiri dari logam dan bebatuan (bagian berwarna coklat), tetapi Kepler-138 d juga memiliki lapisan tebal air bertekanan tinggi dalam berbagai bentuk: air superkritis dan berpotensi cair jauh di dalam planet dan perluasan amplop uap air (nuansa biru) di atasnya. (Benoit Gougeon, Université de Montréal)

Dengan volume lebih dari tiga kali Bumi dan massa dua kali lebih besar, planet c dan d memiliki kepadatan yang jauh lebih rendah daripada Bumi. Ini mengejutkan karena sebagian besar planet hanya sedikit lebih besar dari Bumi yang telah dipelajari secara detail sejauh ini semuanya tampak seperti dunia berbatu seperti kita. Perbandingan terdekat dengan kedua planet, kata para peneliti, adalah beberapa bulan es di luar tata surya yang juga sebagian besar terdiri dari air yang mengelilingi inti berbatu.

"Bayangkan versi yang lebih besar dari Europa atau Enceladus, bulan-bulan kaya air yang mengorbit Jupiter dan Saturnus, tetapi lebih dekat ke bintang mereka," jelas Piaulet. "Alih-alih permukaan es, Kepler-138 c dan d akan menampung selubung uap air yang besar."

Para peneliti memperingatkan planet-planet itu mungkin tidak memiliki lautan seperti yang ada di Bumi langsung di permukaan planet. “Suhu di atmosfer Kepler-138c dan Kepler-138d kemungkinan berada di atas titik didih air, dan kami memperkirakan atmosfer tebal dan padat yang terbuat dari uap di planet-planet ini. Hanya di bawah atmosfer uap tersebut berpotensi menjadi air cair dengan tekanan tinggi, atau bahkan air dalam fase lain yang terjadi pada tekanan tinggi yang disebut fluida superkritis," kata Piaulet.

Baru-baru ini, tim lain di University of Montreal menemukan planet lain, yang disebut TOI-1452 b, yang berpotensi tertutup lautan cair-air, tetapi Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA akan diperlukan untuk mempelajari atmosfernya dan mengonfirmasi keberadaan laut di planet tersebut.

Pada tahun 2014, data dari Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA memungkinkan para astronom untuk mengumumkan deteksi tiga planet yang mengorbit Kepler-138, bintang kerdil merah di konstelasi Lyra. Ini didasarkan pada penurunan cahaya bintang yang dapat diukur saat planet tersebut sesaat lewat dari bintangnya, sebuah transit.

Baca Juga: JWST Telah Menunjukkan Dapat Mendeteksi Tanda Kehidupan Eksoplanet