Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membangun Sebuah Piramida?

By Sysilia Tanhati, Minggu, 18 Desember 2022 | 15:00 WIB
Piramida dari zaman Mesir kuno adalah salah satu keajaiban kuno terbesar di dunia. Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan orang Mesir untuk membangun piramida? (Spencer Davis)

Nationalgeographic.co.id - Piramida dari zaman Mesir kuno adalah salah satu keajaiban kuno terbesar di dunia. Berusia lebih dari 4.600 tahun, kekuatan konstruksinya membuat monumen itu mampu bertahan hingga kini. Para arkeolog, insinyur, dan sejarawan mengagumi kehebatan struktur abadi ini. Tidak hanya itu, misteri tentang bagaimana tepatnya struktur itu dibuat terus dicari tahu hingga kini. Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan orang Mesir untuk membangun piramida?

Singkatnya, tidak ada yang benar-benar tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun piramida

Kebenaran singkatnya adalah tidak ada yang benar-benar tahu berapa lama piramida Mesir kuno dibangun. Pasalnya, piramida berusia sangat tua sehingga hanya sedikit bukti yang bertahan sejak pembangunannya.

Akan tetapi diperkirakan, setiap piramida bisa memakan waktu antara 15-30 tahun untuk penyelesaiannya. Sekitar 118 piramida berbeda di seluruh Mesir telah diidentifikasi. Yang tertua yang ada adalah Piramida Djoser dekat Kairo, sedangkan yang terbesar dan paling terkenal adalah Piramida Agung Giza di Kompleks Piramida Giza.

Tergantung pada ukuran dan bentuknya, setiap piramida memiliki tantangan yang berbeda dalam pembangunan dan penyelesaian.

Piramida Mesir Djoser mungkin membutuhkan waktu sekitar 30 tahun untuk penyelesaiannya

Perkiraan oleh ahli Mesir Kuno menunjukkan bahwa Piramida Djoser, juga dikenal sebagai Piramida Berundak Saqqara, membutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk dibangun. “Piramida ini memiliki enam lapisan, satu di atas yang lain, dan tingginya sekitar 61 meter saat pertama kali dibangun,” tulis Ariadne Argyro di laman The Collector.

Berbeda dengan piramida umumnya, Piramida Djoser memiliki bentuk berundak. Piramida tertua ini menjadi makam Firaun Djoser dari dinasti ketiga Mesir. (Dmitrii Zhodzishskii)

Para ahli sejarah Mesir menduga tahun penyelesaian Piramida Djoser adalah 2670–2650 Sebelum Masehi. Setelah selesai, para pekerja terampil kemudian menghabiskan 10 tahun lagi untuk menghubungkan piramida dengan kuil Lembah di bawahnya. Sehingga total waktu pembangunannya sekitar 30 tahun.

Baca Juga: Ajaib! Bagaimana Piramida-piramida Mesir Bisa Dibangun Saling Sejajar?

Baca Juga: Benarkah Piramida Dibangun dengan Bantuan Makhluk Asing? Temuan Terbaru Menjawabnya

Baca Juga: Meroë, Ibu Kota Kerajaan Nubia Kush dengan Bangunan Berbentuk Piramida