Mitologi Yunani: Kisah Tragis di Balik Penamaan Rasi Bintang Andromeda

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 18 Desember 2022 | 14:00 WIB
Perseus membebaskan Andromeda (The Collector)

Nationalgeographic.co.id – Andromeda dikenal sebagai rasi bintang. Namun tahukah Anda ternyata ada kisah tragis di baliknya. Andromeda adalah seorang wanita fana yang lahir dari Raja Cepheus dan Ratu Cassiopeia. Nasib Andromeda ditentukan ketika Cassiopeia menyombongkan diri bahwa Andromeda lebih cantik dari bidadari laut Nereid. Nimfa laut Nereid dikenal karena kecantikannya yang menakjubkan. Poseidon, dewa laut, adalah teman para Nereid.

Pernyataan arogan Cassiopeia ini membuat marah Poseidon. Ketika Poseidon mendengar bahwa Cassiopeia menyombongkan diri bahwa putrinya, Andromeda, lebih cantik daripada Nereid, Poseidon mengirim monster laut ke darat untuk membinasakan sang putri sebagai balas dendam.

Dikutip Theoi, Perseus membebaskan Andromeda ketika sedang dalam perjalanan pulang dari memenggal kepala monster Medusa. Perseus melihat Andromeda dirantai ke batu dan sedang bersiap untuk dimakan oleh monster laut Cetus. Perseus terpikat oleh kecantikannya dan memutuskan untuk menyelamatkannya. Dengan kepala Medusa di tasnya, dia mengeluarkan kepala Medusa dan menunjukkannya pada monster laut. Cetus, monster laut, menatap mata kepala Medusa dan berubah menjadi batu, melepaskan Andromeda dari kematiannya yang akan segera terjadi.

Andromeda Menikahi Perseus

Andromeda dijodohkan dengan Phineus, pamannya, tetapi Perseus tidak bisa membiarkan hal itu terjadi. Dia telah jatuh cinta padanya saat melihatnya dirantai ke batu. Setelah menyelamatkannya, Perseus menikahi Andromeda dan membunuh Phineus dalam prosesnya. Phineus berusaha melawan Perseus untuk Andromeda, tetapi Perseus membunuh Phineus dengan menggunakan kepala Medusa untuk mengubahnya menjadi batu. Setelah mereka menikah, Andromeda dan Perseus menjelajahi Yunani bersama.

Anak Andromeda

Perseus dianggap sebagai nenek moyang bangsa Persia. Perseus mendirikan Mycenae, tempat Andromeda menjadi ratu. Perseus dan Andromeda memiliki sembilan anak selama pernikahan mereka; tujuh putra dan dua putri. Ketujuh putra Perseus dan Andromeda adalah Perses, Alcaeus, Heleus, Mestor, Sthenelus, Electryon, dan Cyunrus. Kedua putri mereka adalah Autochthe dan Gorgophone. Anak-anak Perseus dan Andromeda akan tinggal di Mycenae dan terus menguasai peradaban.

Tempat Andromeda di Langit

Konstelasi Andromeda digambarkan dalam satu set kartu oleh Sidney Hall, 1825, Library of Congress. (The Collector)

Athena berjanji bahwa Andromeda akan mendapat tempat di langit setelah kematiannya. Saat Andromeda meninggal, Athena menepati janjinya dan menempatkan Andromeda di langit di dalam konstelasi Andromeda. Konstelasi Andromeda terletak tepat di antara konstelasi Perseus dan konstelasi Cassiopeia.

Baca Juga: Lewat Pemetaan, Ada Sesuatu Antara Bima Sakti dan Andromeda

Baca Juga: Medusa Mati Dipenggal Perseus, Lahirlah Pegasus si Kuda Putih Bersayap