Hades, Penjaga Dunia Bawah Yunani Kuno yang Punya Kekuatan Gaib

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 18 Desember 2022 | 16:00 WIB
Hades, penjaga dunia bawah Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Hades adalah saudara Zeus dan Poseidon, yang merupakan dua dari Dua Belas Olympian. Ketika para dewa Yunani telah mengalahkan para Titan, mereka perlu memutuskan siapa yang akan menguasai setiap bagian dunia. Untuk memutuskan ini, dunia dibagi menjadi tiga bagian yaitu langit, lautan, dan dunia bawah.

Zeus, Poseidon, dan Hades semuanya menarik undian untuk melihat bagian dunia mana yang akan mereka kendalikan. Zeus menggambar langit, Poseidon menggambar lautan, dan Hades menggambar dunia bawah. Karena dia menguasai dunia bawah, Hades tidak tinggal di Gunung Olympus bersama dewa-dewa lain. Hades tinggal di dunia bawah dan hanya bisa mendengar suara orang-orang yang tinggal di dunia bawah atau mereka yang menyebut namanya di tanah kehidupan. 

Kekuatan Hades

Orang Yunani percaya bahwa jika mereka menyebut namanya, Hades memiliki kekuatan yang cukup untuk membawa mereka ke dunia bawah, jadi orang Yunani akan berusaha untuk tidak menyebut namanya.

Topi Gaib

Hades memiliki kekuatan tembus pandang yang diberikan kepadanya melalui helm ajaib yang dibuat oleh para cyclop. Hades tidak asing dengan membiarkan para pahlawan Yunani meminjam topi tembus pandangnya. Perseus menggunakan topi tembus pandang dalam misinya untuk memenggal kepala Medusa. Athena menggunakan topi tembus pandang selama Perang Troya untuk membantu Diomedes, pahlawan Yunani dari Perang Troya, dalam melukai Ares. Hermes menggunakan topi tembus pandang dalam melawan raksasa, Hippolytus.

Kontrol Atas Kekayaan Bumi

Karena Hades adalah penguasa dunia bawah, dia memiliki dan mengendalikan semua kekayaan yang ditemukan di dalam bumi. Ini termasuk kekayaan alam maupun kekayaan yang terkubur. Dia sering dianggap yang terkaya dari semua dewa.

Penjaga Jiwa

Karena Hades adalah penguasa dunia bawah, dia sangat jarang membiarkan jiwa meninggalkan dunia bawah. Jiwa yang memasuki dunia bawah paling sering menjadi penghuni tetap, karena Hades biasanya tidak mengizinkan siapa pun pergi. Jika ada jiwa yang mencoba pergi, Hades akan menghukum mereka. Demikian pula, jika seseorang mencoba menyelamatkan jiwa yang hidup di dunia bawah, Hades akan menghukum mereka juga.

Hades dan Cerberus

Hades memiliki pendamping untuk menemaninya dan membantu menjaga jiwa-jiwa di dunia bawah. Cerberus adalah anjing berkepala tiga yang akan berjaga di pintu masuk dunia bawah untuk memastikan bahwa tidak ada jiwa yang mencoba melarikan diri, dan tidak ada orang yang mencoba masuk untuk mencuri jiwa.