Daftar Pasar Natal Tertua di Eropa yang Sayang untuk Dilewatkan

By Sysilia Tanhati, Selasa, 20 Desember 2022 | 09:00 WIB
Saat mengunjungi Eropa selama bulan Desember, Anda bisa menikmati kemeriahan pasar Natal yang sayang untuk dilewatkan. (Peter Hauschild)

Saat mengunjungi Eropa selama bulan Desember, Anda bisa menikmati kemeriahan pasar Natal. Pasar Natal adalah tradisi Eropa yang telah dilakukan selama berabad-abad. Bagi sebagian orang, Natal terasa belum lengkap jika belum mengunjungi pasar Natal. Di sana, pengunjung bisa menikmati beragam makanan dan minuman khas Natal. Berikut daftar pasar Natal tertua di Eropa yang sayang untuk dilewatkan.

Christkindelsmarik, Strasbourg, Prancis

Ada beberapa perdebatan mengenai pasar Natal mana yang paling tua, Striezelmarkt atau Christkindelsmarik. Christkindelsmarik diadakan di area sekitar Katedral Strasbourg sejak tahun 1570. “Menjadikannya salah satu pasar tertua di Eropa,” tulis Robbie Mitchell di laman Ancient Origins.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa pasar ini mungkin memang lebih tua dari yang ada di Dresden.

Catatan menunjukkan bahwa sejak akhir abad ke-12, Strasbourg mengadakan Klausenmarik (Pasar Saint Nicholas). Pasar ini secara tradisional diadakan pada tanggal 6 Desember setiap tahun. Kemudian, namanya berubah menjadi Christkindelsmarik.

Christkindelsmarik awalnya diadakan selama tiga hari menjelang Malam Natal di Place de la Cathédrale. Namun, seiring berjalannya waktu, pasar pun menyebar.

Pada awal abad ke-19, pelaksanaannya diadakan menjadi enam hari. Bahkan pada pertengahan abad ke-19, diadakan selama tiga puluh enam hari!

Kini, Christkindelsmarik terutama diadakan di pusat Grande Île di Strasbourg. “Christkindelsmarik merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO,” tambah Mitchell. Pasar ini memiliki lebih dari 300 kios yang menjual barang-barang buatan tangan, dekorasi Natal, dan produk daerah.

Vienna Christmas World, Austria

Kandidat lain untuk pasar Natal tertua adalah Vienna Christmas World. Sekarang diadakan di Rathausplatz dekat balai kota Wina, ini adalah salah satu pasar Natal paling ikonik di dunia. Pasar Natal di Wina juga merupakan tradisi yang berusia berabad-abad.

Di pasar Natal, Anda dapat menemukan camilan khas Natal, salah satunya adalah kue jahe. (cmophoto.net)

Pasar Natal di Wina mungkin sudah ada sejak tahun 1296 ketika penguasanya, Albrecht I, memberikan izin kepada warga Wina untuk mengadakan pasar di bulan Desember. Saat itu, pasar bulan Desember dikenal dengan nama Krippenmarkt.