Thottea beungongtanoeh, Spesies Baru Tanaman Berbunga dari Aceh

By Ricky Jenihansen, Selasa, 20 Desember 2022 | 16:00 WIB
Thottea beungongtanoeh. (Wendy A. Mustaqim)

Nationalgeographic.co.id—Spesies baru tanaman berbunga yang unik dan indah telah dideskripsikan oleh ahli botani dari Universitas Samudera di Kota Langsa, Aceh. Spesies yang baru ditemukan tersebut dinamakan Thottea beungongtanoeh yang diambil dari nama genus dan bahasa lokal.

Thottea beungongtanoeh ditemukan di hutan campuran dataran rendah di Provinsi paling utara di Pulau Sumatera. Penemuan Thottea beungongtanoeh dilaporkan dalam makalah yang diterbitkan baru-baru ini di jurnal Taiwania.

Makalah tersebut merupakan jurnal akses terbuka yang bisa didapatkan secara daring. Jurnal tersebut diterbitkan dengan judul "Thottea beungongtanoeh (Aristolochiaceae), a new species from Aceh, northern Sumatra."

Peneliti menjelaskan dalam laporannya, Thottea adalah genus semak dan semak yang relatif besar dalam keluarga pipevine Aristolochiaceae.

"Aristolochiaceae adalah genus Indo Malayan dengan 45 spesies yang dikenal sains. Salah satu pusat distribusinya adalah di Sumatera diwakili oleh 10 spesies," tulis peneliti.

Biasanya tingginya kurang dari 1 m (3,3 kaki), anggota genus tersebar luas di Asia, dari India di barat hingga Sulawesi dan Filipina di timur.

Thottea mencakup lebih dari 50 spesies yang diakui secara ilmiah, beberapa di antaranya penting dalam pengobatan tradisional dan Ayurveda.

Thottea beungongtanoeh merupakan spesies yang endemik di Aceh bagian timur. (Taiwania)

Bentuk tumbuhan hidup dan daun Thottea beungongtanoeh. (Wendy A. Mustaqim)

Selama survei botani baru-baru ini di dataran rendah dicampur hutan Dipterokarpa di Provinsi Aceh Timur Tahun 2022. Satu spesimen Thottea dikumpulkan dari lantai hutan dari medan bergelombang.

“Salah satu pusat penyebarannya ada di Sumatera yang diwakili oleh 10 spesies,” ujar ahli botani Universitas Samudra Wendy Mustaqim dan Zulfan Arico.

“Di pulau ini, studi taksonomi genus belum selesai.”