Survei: Orang Jepang Lebih Kecil Kemungkinan Menawarkan Bantuan

By Ricky Jenihansen, Senin, 26 Desember 2022 | 10:00 WIB
Perbedaan budaya memengaruhi cara seseorang memberikan dukungan sosial. (Osaka Metropolitan University)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru dari ilmuwan Jepang menemukan bahwa perbedaan budaya memengaruhi cara kita memberikan dukungan sosial. Mereka menemukan perbedaan budaya memengaruhi ketika mahasiswa Jepang dan Amerika merasa nyaman memberikan dukungan sosial.

Mereka melakukan survei mahasiswa di Jepang dan Amerika. Dua studi bertujuan untuk menguji perbedaan budaya dalam penyediaan dukungan sosial, dengan atau tanpa ajakan, di Jepang dan Amerika Serikat (AS).

"Dalam Studi 1, kami mereplikasi studi sebelumnya dengan mahasiswa Jepang. Kami menemukan bahwa peserta Jepang tidak memberikan dukungan sosial saat tidak diminta, dibandingkan dengan saat diminta," tulis peneliti dalam makalahnya.

Studi tersebut telah mereka jelaskan di jurnal akses terbuka Frontiers in Psychology. Jurnal tersebut dipublikasikan dengan judul "Solicitation matters: Cultural differences in solicited and unsolicited support provision."

Menurut penelitian tersebut, mahasiswa di universitas di Jepang lebih kecil kemungkinannya dibandingkan mahasiswa Amerika untuk menawarkan bantuan kepada teman dekat atau anggota keluarga kecuali mereka secara eksplisit dimintai bantuan.

Bahkan ketika mereka tahu bahwa orang tersebut membutuhkan bantuan. Tidak ada perbedaan dalam memberikan bantuan antara siswa Jepang dan Amerika ketika permintaan bantuan dinyatakan secara eksplisit.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Associate Professor Hirofumi Hashimoto, dari Graduate School of Literature and Human Sciences, Osaka Metropolitan University, menganalisis perspektif penyedia dukungan sosial.

Mereka memeriksa perbedaan sikap mahasiswa Jepang dan Amerika terhadap pemberian dukungan sosial untuk mendukung teman atau anggota keluarga.

Orang Jepang ragu-ragu untuk memberikan dukungan sosial. (Unsplash)

Awalnya, kuesioner berdasarkan penelitian sebelumnya diberikan yang mensurvei 183 mahasiswa Jepang. Selanjutnya, dalam Studi 2, peserta diminta untuk menanggapi kuesioner mengenai situasi stres hipotetis yang dialami oleh orang dekat dan menunjukkan kesediaan mereka untuk memberikan dukungan.

Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa Jepang ragu-ragu untuk memberikan dukungan sosial kecuali orang yang dekat dengan mereka secara eksplisit meminta bantuan.

Untuk mengkonfirmasi kekokohan hasil ini, kuesioner kedua diberikan kepada 118 mahasiswa tambahan Jepang dan 52 mahasiswa Amerika, menggunakan metode berbasis skenario untuk mengukur kesediaan mereka untuk mendukung teman dekat atau anggota keluarga yang membutuhkan.