Merokok Meningkatkan Kemungkinan Kehilangan Ingatan dan Kebingungan

By Ricky Jenihansen, Senin, 26 Desember 2022 | 12:00 WIB
Merokok meningkatkan kemungkinan kehilangan ingatan. (Justin Sullivan)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru dari The Ohio State University mengungkapkan bahwa perokok paru baya jauh lebih mungkin melaporkan kehilangan ingatan dan kebingungan daripada bukan perokok. Mereka juga menemukan kemungkinan penurunan kognitif lebih rendah bagi mereka yang telah berhenti.

Penelitian dari The Ohio State University adalah yang pertama menguji hubungan antara merokok dan penurunan kognitif menggunakan penilaian diri. Metode tersebut menggunakan satu pertanyaan yang menanyakan orang-orang apakah mereka pernah mengalami kehilangan ingatan atau memori dan/atau kebingungan yang semakin memburuk atau lebih sering.

Temuan mereka tersebut telah diterbitkan di Journal of Alzheimer's Disease dengan judul "Relation Between Smoking Status and Subjective Cognitive Decline in Middle Age and Older Adults: A Cross-Sectional Analysis of 2019 Behavioral Risk Factor Surveillance System Data."

Temuan ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang menetapkan hubungan antara merokok dan penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia.

"Dan dapat menunjukkan peluang untuk mengidentifikasi tanda-tanda masalah di awal kehidupan," kata Jenna Rajczyk, penulis utama studi tersebut.

Ini juga satu lagi bukti bahwa berhenti merokok itu baik tidak hanya untuk alasan pernapasan dan kardiovaskular, tetapi untuk menjaga kesehatan saraf, kata Rajczyk.

Rajczyk merupakan seorang mahasiswa PhD di Sekolah Tinggi Kesehatan Masyarakat Ohio State, dan penulis senior Jeffrey Wing, asisten profesor dari epidemiologi.

"Hubungan yang kami lihat paling signifikan pada kelompok usia 45-59, menunjukkan bahwa berhenti pada tahap kehidupan itu mungkin bermanfaat bagi kesehatan kognitif," kata Wing.

Perbedaan serupa tidak ditemukan pada kelompok tertua dalam penelitian ini, yang dapat berarti bahwa berhenti lebih awal memberi manfaat yang lebih besar bagi orang-orang, katanya.

Ilustrasi memori. (Shutterstock)

Data untuk penelitian ini berasal dari Sistem Pengawasan Faktor Risiko Perilaku nasional tahun 2019.

Mereka melakukan survei dan tim peneliti membandingkan pengukuran penurunan kognitif subjektif (SCD) untuk perokok saat ini, mantan perokok baru-baru ini, dan mereka yang telah berhenti bertahun-tahun sebelumnya. Analisis tersebut melibatkan 136.018 orang berusia 45 tahun ke atas, dan sekitar 11% melaporkan SCD.