Titanochampsa iorii, Buaya Raksasa yang Hidup Bersama Dinosaurus

By Ricky Jenihansen, Rabu, 28 Desember 2022 | 11:00 WIB
Rekonstruksi kehidupan Titanochampsa iorii. (Julia d’Oliveira)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli arkeologi melaporkan telah menggali sisa-sisa fosil spesies corocodyliform baru di wilayah Monte Alto di negara bagian São Paulo, Brasil. Fosil tersebut adalah milik buaya raksasa yang hidup pada masa yang sama dengan titanosaurus raksasa dan dinosaurus karnivora abelisaurid.

Penemuan tersebut telah mereka jelaskan di jurnal Historical Biology belum lama ini secara daring. Jurnal tersebut dipublikasikan dengan judul "A large-sized mesoeucrocodylian from the Late Cretaceous of Brazil with possible neosuchian affinities."

Sebagian besar crocodyliforms dari Grup Bauru ditemukan di batuan Formasi Adamantina, sedangkan Formasi Marília yang lebih muda hampir tidak memiliki fosil semacam itu.

"Di sini, kami memberikan deskripsi komparatif terperinci MPMA 02–0005/87, atap tengkorak besar yang ditemukan di endapan Formasi Marília di area Monte Alto, menggolongkannya ke spesies crocodyliform baru," tulis peneliti.

Spesies crocodyliform yang baru diidentifikasi hidup di tempat yang sekarang disebut Brasil selama zaman Kapur Akhir, antara 72 dan 66 juta tahun yang lalu. Hewan purba itu menghuni lingkungan kering hingga semi kering, di mana badan air fana biasa ditemukan.

Secara ilmiah, spesies baru buaya raksasa ini dinamakan Titanochampsa iorii, panjangnya antara 3 dan 6 m (10-20 kaki) dan memiliki gigitan yang sangat kuat.

Itu kemungkinan milik Neosuchia, sebuah klad yang mencakup semua buaya modern yang masih ada dan fosil kerabat terdekat mereka.

"Baik ukuran besar Titanochampsa iorii dan gigitannya yang kuat diduga cocok dengan gaya hidup amfibi, termasuk perilaku menyergap, seperti yang terlihat pada kebanyakan buaya saat ini dan cocok dengan kemungkinan afinitasnya dengan Eusuchia," kata ahli paleontologi Universidade de São Paulo Thiago Fachini dan rekan-rekannya.

Titanochampsa iorii hidup sezaman dengan titanosaurus raksasa dan dinosaurus karnivora abelisaurid. (University of Zurich)

Terlepas dari sifatnya yang terpisah-pisah dan karakter yang membingungkan, takson baru ini memiliki karakter yang cukup untuk menolak penempatannya di dalam Notosuchia, yang sejauh ini merupakan satu-satunya clade crocodyliform yang diketahui dari Grup Bauru.

"Kami menguji posisi filogenetiknya dengan dua matriks data, yang keduanya memulihkan takson baru dalam Neosuchia dan Eusuchia," kata mereka.

Sisa-sisa fosil Titanochampsa iorii ditemukan pada tahun 1987 di endapan Formasi Marília di daerah Monte Alto, negara bagian São Paulo, Brasil.