Mengintip Awan Debu, James Webb Temukan Bintang-Bintang Baru Lahir

By Wawan Setiawan, Sabtu, 31 Desember 2022 | 08:00 WIB
Gambar Webb ini menunjukkan Cosmic Cliffs, sebuah wilayah di tepi rongga gas raksasa di dalam pembibitan bintang NGC 3324. Gambar ini terbagi secara horizontal oleh garis bergelombang antara lanskap awan oranye-merah anggur yang membentuk nebula di sepanjang bagian bawah dan bagian atas relatif biru. (NASA / ESA / CSA / STScI / J. DePasquale, STScI.)

Nationalgeographic.co.id - Astronom Universitas Rice, Megan Reiter, dan rekan-rekannya "menyelam jauh" ke dalam salah satu gambar pertama dari Teleskop Antariksa James Webb NASA. Usahanya berhasil dengan penemuan tanda-tanda dari dua lusin bintang muda yang sebelumnya tak terlihat sekitar 7.500 tahun cahaya dari Bumi.

Temuan tersebut, telah dipublikasikan dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society dengan judul “Deep diving off the ‘Cosmic Cliffs’: previously hidden outflows in NGC 3324 revealed by JWST.”

Dalam makalah ia menjelaskan gambaran sekilas tentang apa yang akan ditemukan para astronom dengan kamera inframerah-dekat Webb. Instrumen tersebut dirancang untuk mengintip melalui awan debu antarbintang yang sebelumnya menghalangi pandangan para astronom terhadap pembibitan bintang, terutama yang menghasilkan bintang yang mirip dengan matahari Bumi.

Reiter, asisten profesor fisika dan astronomi, bersama tim penulis dari Institut Teknologi California, Universitas Arizona, Universitas Queen Mary di London, dan Observatorium Kerajaan Inggris di Edinburgh, Skotlandia, menganalisis sebagian dari gambar pertama Webb. Gambar tersebut adalah sebuah pemandangan menakjubkan dari Tebing Kosmik (Cosmic Cliffs), wilayah pembentuk bintang di gugusan bintang yang dikenal sebagai NGC 3324.

"Apa yang diberikan Webb kepada kita adalah gambaran tentang waktu untuk melihat seberapa banyak pembentukan bintang yang terjadi di sudut alam semesta yang mungkin lebih khas yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata Reiter, yang memimpin penelitian tersebut.

Terletak di konstelasi selatan Carina, NGC 3324 menampung beberapa wilayah pembentukan bintang terkenal yang telah dipelajari para astronom selama beberapa dekade. Banyak detail dari wilayah tersebut telah dikaburkan oleh debu dalam gambar dari Teleskop Luar Angkasa Hubble dan observatorium lainnya. Kamera infra merah Webb dibangun untuk melihat melalui debu di daerah tersebut dan untuk mendeteksi semburan gas serta debu yang dimuntahkan dari kutub bintang yang sangat muda.

Gambar inframerah warna semu dari Teleskop Luar Angkasa James Webb ini menunjukkan tiga info dari Cosmic Cliffs untuk menyorot area spesifik guncangan dan aliran keluar di nebula. (NASA / ESA / CSA / STScI / J. DePasquale, STScI.)

Reiter dan rekan memusatkan perhatian mereka pada sebagian dari NGC 3324 di mana hanya beberapa bintang muda yang sebelumnya telah ditemukan. Dengan menganalisis panjang gelombang inframerah tertentu 4,7 mikron, mereka menemukan dua lusin aliran hidrogen molekuler yang sebelumnya tidak diketahui dari bintang muda. Ukurannya bervariasi, tetapi banyak yang tampaknya berasal dari protobintang yang pada akhirnya akan menjadi bintang bermassa rendah seperti matahari Bumi.

"Temuan ini berbicara tentang seberapa bagus teleskop itu dan seberapa banyak yang terjadi bahkan di sudut-sudut sunyi alam semesta," tutur Reiter.

Baca Juga: Fenomena Gerhana Mendorong Orang Yunani Kuno untuk Pelajari Bintang

Baca Juga: Ilmuwan Warga Temukan 34 Bintang Gagal dari Data Teleskop Lama

Baca Juga: Teleskop James Webb Jika Hendak Mendeteksi Alien: Deteksi Metana!