Mengenang Kebakaran Sekolah di Collinwood yang Mengerikan Tahun 1908

By Galih Pranata, Sabtu, 31 Desember 2022 | 15:00 WIB
Potret yang menunjukkan kebakaran hebat melahap gedung sekolah Collinwood. (American Hauntings)

Nationalgeographic.co.id—Seorang peneliti bernama Michael Newbury, mengetahui tentang tragedi paling mengerikan dalam sejarah pendidikan di Cleveland secara tidak sengaja.

Newbury akhirnya memutuskan untuk melakukan sesuatu untuk membantu menjaga sejarah tragis 4 Maret 1908, dengan melakukan penelitian tentang kebakaran yang melanda Sekolah Lake View di Collinwood.

Penyebab kebakaran, yang disalahkan atas segala hal mulai dari petugas kebersihan yang menyalakan ketel dengan tidak benar hingga gadis-gadis yang merokok di ruang bawah tanah, masih diperdebatkan.

Kebakaran akhirnya terjadi. "Dalam kepanikan mereka, anak-anak yang ketakutan bergegas ke pintu dan berdesakan satu sama lain sampai tidak ada yang bisa keluar," tulis Laura De Marco.

Ia menulisnya kepada Cleveland dalam sebuah artikel berjudul "Horrific Collinwood school fire of 1908 remembered in new movie (vintage photos, video)" yang diterbitkan pada 27 Oktober 2016.

"Ini hanyalah salah satu dari banyak fakta yang dilaporkan Newbury dalam upaya pembuatan film yang mengesankan tentang bencana ini," tambahnya.

"Eksterior batu bangunan bertindak sebagai cerobong asap, menyedot api ke atas saat interior kayu terbakar; sekolah hanya memiliki dua pintu keluar dan api dengan cepat memblokir salah satunya," ungkap Newbury.

Peralatan pemadam kebakaran yang ditarik kuda Collinwood dan pemadam kebakaran sukarelawan, pada kenyataannya sangat menyedihkan. Mereka tidak sepenuhnya siap untuk melawan kobaran api yang amat besar.

Sekolah hanya memiliki dua pintu keluar, dan pintu depan sudah terhalang oleh api. Ini menyebabkan semua siswa dan staf bergegas menuju pintu belakang. Mereka berhamburan menyelamatkan diri.

Baca Juga: Matinya Ribuan Tentara dalam Perang Tanpa Peluru yang Ditembakkan

Baca Juga: Tragedi Victoria Hall Stampede, 183 Anak Mati Terinjak di Pertunjukan

Baca Juga: Kecelakaan Pesawat yang Mengubah Arah Sejarah Dirgantara Dunia