Benarkah Wanita yang Memilih Tak Menikah Hidupnya Lebih Bahagia?

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 30 Desember 2022 | 15:00 WIB
Studi terbaru menunjukkan bahwa wanita yang memilih untuk tidak menikah itu sama bahagianya dengan yang memiliki pasangan. ( SHVETS production)

Nationalgeographic.co.id—Pernikahan adalah proses mengikat janji suci antara pria dan wanita. Momen kebahagiaan ini sangat dinanti, termasuk kaum wanita. Tapi apakah kebahagiaan hanya dirasakan bagi orang yang memilih untuk menikah? Temuan penelitian baru menunjukkan bahwa begitu wanita mencapai usia 60 tahun, mereka yang menikah dan mereka yang belum pernah menikah sama-sama bahagia.

Dalam survei terhadap lebih dari 51.000 orang dewasa di Amerika Serikat, orang yang menikah umumnya melaporkan tingkat kebahagiaan tertinggi. Sementara orang yang menjanda, bercerai, atau tidak pernah menikah melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih rendah. Tapi pengecualiannya adalah wanita yang lebih tua dan belum pernah menikah.

"Orang yang menikah lebih bahagia daripada yang lain, tetapi ada banyak pengecualian untuk itu," kata rekan peneliti Gary Ralph Lee, seorang profesor emeritus sosiologi di Bowling Green State University di Ohio dilansir Live Science.

Lee menerangkan bahwa survei tersebut tidak mengungkapkan mengapa wanita yang lebih tua menjadi salah satu pengecualian ini, tetapi bisa jadi wanita ini telah menemukan jalan menuju kebahagiaan melalui karier, teman, atau keluarga mereka.

Pernikahan dan kebahagiaan

Lee dan rekan penulisnya, Krista Payne, seorang analis penelitian keluarga dan perkawinan di Bowling Green, melakukan penyelidikan karena meskipun ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang menikah lebih bahagia daripada orang yang tidak menikah, ada sedikit penelitian tentang tingkat kebahagiaan relatif para janda. dan orang dewasa yang bercerai.

Para peneliti menggunakan data yang dikumpulkan selama 38 tahun dari Survei Sosial Umum, sebuah survei representatif nasional yang dilakukan oleh para peneliti di University of Chicago. Peserta survei menjawab pertanyaan, "Secara keseluruhan, bagaimana Anda mengatakan keadaan akhir-akhir ini — apakah Anda akan mengatakan bahwa Anda sangat bahagia, cukup bahagia, atau tidak terlalu bahagia?"

Para peneliti membandingkan tingkat kebahagiaan yang dilaporkan dari berbagai kelompok pria dan wanita: menikah, belum menikah, bercerai, dan janda. Selain itu, karena rata-rata orang yang menjanda dan bercerai seringkali lebih tua daripada orang yang menikah, para peneliti melakukan analisis terpisah untuk orang yang berusia 60 tahun ke atas.

Para peneliti terkejut menemukan bahwa tingkat kebahagiaan yang dilaporkan dari "wanita yang belum menikah, lebih tua, dalam banyak tahun (survei), tidak dapat dibedakan dari mereka yang menikah, wanita yang lebih tua," kata Lee.

Baca Juga: Menstruasi dan Kontrasepsi Masih Tabu dalam Sepak Bola Wanita

Baca Juga: Tugas Berat Wanita-wanita Menyiapkan Amunisi untuk Perang Dunia I

Baca Juga: Studi Terbaru: Tak Hanya Wanita, Pria Bisa Alami Trauma Kelahiran