Weihenstephan, Pabrik Bir Tertua Dunia Dibangun oleh Biarawan

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 2 Januari 2023 | 14:00 WIB
Tempat pembuatan bir tertua di dunia terletak di Bavaria, Jerman, didirikan oleh para biarawan Benediktin. Potret di ruang bawah tanah dengan biksu yang bahagia oleh Simony Jenson, 1904. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Manusia telah membuat bir selama ribuan tahun, tetapi tempat pembuatan bir tertua yang masih ada baru dibangun pada abad ke-11. Pabrik Bir Weihenstephan didirikan di Freising, Jerman pada tahun 1040 M dan dianggap sebagai tempat pembuatan bir tertua di dunia. Jadi bagaimana tempat pembuatan bir ini dikembangkan, dan bagaimana perubahannya selama seribu tahun terakhir?

Pengembangan Pabrik Bir Weihenstephan tidak konvensional. Bangunan Weihenstephan awalnya dibangun pada tahun 725 M sebagai biara Benediktin di Bukit Nahrberg. Saint Corbinian, seorang uskup Frank, membangun biara dan sekolah ini bersama dengan dua belas pengikutnya. Sebuah tempat perlindungan sudah ada di dekat gunung, menjadikannya tempat yang sempurna untuk biara. Seperti banyak biara lain di Eropa, para biarawan Benediktin mulai menyeduh bir di dalam gedung untuk ditawarkan kepada pengunjung dan membuat mereka tetap waspada selama berpuasa. Karena bir mengandung lebih banyak nutrisi daripada air saja, itu dianggap sebagai pengganti makanan yang sempurna bagi para biksu yang berpuasa.

 

Ukiran Biara Weihenstephan, tempat pembuatan bir tertua di dunia yang terus beroperasi, oleh Michael Wening di Topographia Bavariae, sekitar tahun 1700. (public domain)

Sayangnya, para biksu mengalami beberapa kesulitan dalam perjalanan menuju pembuatan bir komersial. Pada tahun 955 M, Hongaria menginvasi wilayah tersebut dan menghancurkan biara. Meskipun mereka tidak dapat dihentikan untuk membangun kembali biara, rekonstruksi ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan. Tidak sampai hampir 100 tahun setelah kehancurannya pada tahun 1040 M, biara diubah menjadi tempat pembuatan bir penuh waktu. Kepala Biara Arnold, yang mengelola biara pada saat itu, telah berhasil mendapatkan izin biara untuk menjual bir di masyarakat.

Gempa Bumi Tidak Dapat Menghentikan Pabrik Bir Tertua di Dunia

Tempat pembuatan bir tertua di Weihenstephan mengalami banyak bencana. Malapetaka, Eduard von Grützner 1892 (public domain)

Nasib melawan tempat pembuatan bir biara yang malang. Dalam 400 tahun setelah mendapatkan lisensi itu, tempat pembuatan bir dihancurkan hampir belasan kali. Di antara empat kebakaran, tiga tulah, banyak kelaparan, dan gempa bumi, tampaknya biara tersebut memiliki sedikit harapan untuk berhasil. Namun, para biarawan menolak untuk menghadapi kekalahan. Mereka terus membangun kembali tempat pembuatan bir biara setiap kali dihancurkan. Bersamaan dengan memperbaiki bangunan, mereka juga meningkatkan pembuatan bir mereka dengan setiap pembangunan kembali, berkomitmen untuk kembali lebih kuat dari sebelumnya setiap saat.

Setelah abad ke-15, tempat pembuatan bir biara mulai berkembang pesat. Itu tidak menghadapi bencana fisik lebih lanjut dan terus membuat dan menjual bir, baik di masyarakat maupun jauh. Pada abad ke-16, resep pembuatan bir mereka berubah, setelah Adipati Wilhelm dari Bavaria mengeluarkan peraturan baru yang disebut Hukum Kemurnian Bavaria. Undang-undang ini mewajibkan pembuat bir hanya menyeduh bir dengan tiga bahan: air, hop, dan jelai. Hal ini memastikan konsumen tetap aman saat meminum bir, karena beberapa pembuat bir pada saat itu menggunakan bahan tambahan yang terkadang berbahaya, atau bahkan mematikan.

Meskipun tidak ada lagi bencana alam yang terjadi pada tempat pembuatan bir tersebut, namun masih menghadapi perubahan besar pada abad ke-19. Pada 1803, tempat pembuatan bir biara disekularisasi. Negara Bagian Bavaria mengambil kendali atas tempat pembuatan bir dan semua kepemilikannya, sehingga dapat diatur lebih lanjut. Pembuatan bir berlanjut, tetapi tempat pembuatan bir itu tidak lagi dimiliki oleh para biksu yang telah merawatnya dengan penuh kasih. Para biksu terus menyeduh di sana di tahun-tahun mendatang, melatih pembuat bir sekuler baru seiring bertambahnya usia.

Pada tahun 1852, Pabrik Bir Weihenstephan menerima sekelompok siswa baru Bavaria dari Sekolah Pertanian Pusat, yang baru saja pindah dari Schleissheim. Siswa-siswa ini mempelajari kerajinan pembuatan bir dari beberapa pembuat bir paling berpengalaman di negara ini dan terus meneruskan pengetahuan ini kepada siswa pembuatan bir yang masuk.

Baca Juga: Kisah Bencana Alam Ra Mesir Kuno, Menyelamatkan Manusia Lewat Bir

Baca Juga: Kegiatan Hiburan di Mesir Kuno, Berburu Singa Hingga Minum Bir