Deretan Makhluk Mitologi Yunani Paling Aneh, Ada Anjing Berkepala Tiga

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 3 Januari 2023 | 10:00 WIB
Ilustrasi Cerberus, anjing berkepala tiga monster dalam mitologi Yunani kuno. (Stefan Kopinski)

Nationalgeographic.co.id—Jika Anda mengikuti kisah para pahlawan dalam mitologi Yunani, ada kemungkinan besar setiap pahlawan melawan monster berbahaya dalam ceritanya. Tanpa monster berbahaya dari mitologi Yunani ini, para dewa atau pahlawan lainnya mungkin tidak akan pernah menjadi pahlawan sama sekali. Jadi sementara para pahlawan mendapatkan pengakuan, mereka mungkin tidak dikenal jika bukan karena lawannya yang mengerikan. Jadi siapa saja mereka?

Gorgon Medusa

Dalam ceritanya, Perseus adalah pahlawan Yunani yang memenggal kepala Gorgon Medusa. Medusa adalah salah satu dari tiga saudara perempuan, dan dia sebenarnya terlahir dengan kecantikan yang luar biasa. Dia sangat cantik sehingga Poseidon terpikat oleh kecantikannya dan menghamilinya di dalam kuil Athena. Untuk menghukumnya, Athena mengubah Medusa menjadi monster mengerikan dengan rambut ular dan mengutuk siapa pun yang menatap mata Medusa untuk diubah menjadi batu. Karena kemampuan Medusa untuk mengubah siapa pun menjadi batu yang menatap matanya, Perseus harus sangat berhati-hati saat mencoba memenggal kepalanya. Dewi Yunani Athena telah memberi Perseus perisai yang dipoles yang dia gunakan sebagai cermin untuk menyelinap ke Medusa dan memenggalnya.

Cerberus

Di dunia bawah bersama Hades adalah anjing berkepala tiga namanya Cerberus. Cerberus tidak hanya menemani Hades, dia juga memiliki tugas penting untuk menjaga pintu masuk ke dunia bawah untuk memastikan tidak ada jiwa yang tersisa dan tidak ada yang masuk untuk mencuri jiwa.

Salah satu dari 12 Tugas Hercules, Hercules harus mencuri anjing Cerberus dari dunia bawah. Ada dua versi Hercules yang mencuri Cerberus dari dunia bawah. Satu versi mengatakan bahwa Hercules bertanya kepada Hades apakah dia bisa membawa Cerberus dan Hades menjawab ya, dengan satu syarat: dia harus memerintahkan Cerberus untuk ikut dengannya tanpa menggunakan senjata besinya. Dalam versi ini, Hercules menggunakan kulit singa sebagai tameng dan mengganti panah besi dengan batu.

Hades tidak mengizinkan Hercules menggunakan senjata alternatif ini untuk mengambil Cerberus, jadi Hercules menembak Hades dengan panah batunya. Hercules kemudian mengambil tongkat kayunya dan menggunakannya melawan Cerberus untuk menangkapnya.

Versi lain dari Hercules yang mencuri Cerberus termasuk Persephone, istri Hades dan ratu dunia bawah, membantu Hercules dalam pekerjaan ini. Mitos tersebut menggambarkan Persephone menyambut Hercules ke dunia bawah dan menyerahkan Cerberus ke Hercules dengan rantai.

Polyphemus, Cyclops Raksasa

Salah satu pahlawan terbesar dalam mitologi Yunani adalah Odiseus. Odysseus adalah Raja Ithaca dan memimpin tentara Yunani ke dalam kemenangan pertempuran di Troy selama Perang Troya. Begitu Odysseus dan anak buahnya memulai perjalanan pulang, mereka tersapu ke berbagai pulau dan bertemu banyak monster. Salah satu monster paling berbahaya yang ditemui Odysseus dan anak buahnya adalah Polyphemus, Cyclops raksasa.

Baca Juga: Centaur, Makhluk Setengah Manusia dan Kuda Punya Hobi Memperkosa

 Baca Juga: Asclepius, Dewa Pengobatan Yunani Bisa Bangkitkan Orang Mati