Kombinasi Tiga Imunoterapi sebagai Pengobatan untuk Kanker Pankreas

By Wawan Setiawan, Sabtu, 7 Januari 2023 | 08:00 WIB
Para peneliti di University of Texas MD Anderson Cancer Center telah menemukan kombinasi imunoterapi baru. (University of Texas M. D. Anderson Cancer Center)

Nationalgeographic.co.id - Para peneliti di University of Texas MD Anderson Cancer Center telah menemukan kombinasi imunoterapi baru. Metode ini menargetkan pos pemeriksaan di sel T dan sel penekan myeloid, yang berhasil memprogram ulang lingkungan mikro imun tumor (TIME / tumor immune microenvironment). Ini juga secara signifikan meningkatkan respons anti tumor dalam model praklinis kanker pankreas.

Para peneliti menggunakan profil kekebalan komprehensif pada tikus dan kanker pankreas manusia. Dengan tujuan untuk secara sistematis mengidentifikasi mekanisme resistensi imunoterapi dan menyelidiki target terapi potensial. Mereka menemukan bahwa menetralkan beberapa mekanisme imunosupresif yang berbeda dari TIME secara dramatis meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dalam model laboratorium. Hal ini menunjukkan pilihan pengobatan potensial untuk kanker yang terkenal mematikan dan tidak responsif ini.

"Terapi tiga kombinasi ini menghasilkan respons kuratif yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam model kami," kata penulis terkait Ronald DePinho, profesor Biologi Kanker. “Pandangan yang berlaku selama ini adalah bahwa kanker pankreas kebal terhadap imunoterapi, tetapi penelitian praklinis ini menunjukkan bahwa kanker ini rentan terhadap terapi kombinasi yang tepat. Selain itu, keberadaan target ini dalam spesimen kanker pankreas manusia meningkatkan kemungkinan menarik bahwa kombinasi terapeutik semacam itu suatu hari dapat membantu pasien kami."

Hasil penelitian ini telah diterbitkan 30 Desember di jurnal Nature Cancer dengan judul makalah “Targeting T cell checkpoints 41BB and LAG3 and myeloid cell CXCR1/CXCR2 results in antitumor immunity and durable response in pancreatic cancer.”

Kanker pankreas adalah salah satu penyebab utama kematian akibat kanker di Amerika Serikat, bahkan di beberapa negara lain. Sebagian karena 80% kasus didiagnosis pada stadium lanjut. Kanker pankreas juga dianggap "non-imunogenik", yang berarti tidak responsif terhadap inhibitor pos pemeriksaan imun anti-PD-1 dan anti-CTLA-4 yang biasa digunakan. Hal ini sebagian disebabkan oleh kondisi imunosupresif pada TIME, tetapi mekanisme di balik resistensi ini tidak sepenuhnya dipahami.

Pada tumor pankreas ini, sel T (merah muda) telah menginfiltrasi sel tumor (berlabel hijau) setelah pengobatan dengan imunoterapi kombinasi baru yang dikembangkan oleh peneliti MIT pada studi lain. Namun studi terbaru memberikan hasil yang lebih baik lagi. (William Freed-Pastor)

Para peneliti menggunakan profil imun dimensi tinggi dan pengurutan RNA sel tunggal untuk mempelajari bagaimana TIME dipengaruhi oleh berbagai imunoterapi. Mereka mengidentifikasi protein pos pemeriksaan kekebalan spesifik, 41BB dan LAG, yang sangat diekspresikan dalam sel T yang kelelahan.

Dalam pengujian antibodi yang menargetkan pos pemeriksaan ini, para peneliti mengamati bahwa model yang diobati dengan agonis 41BB dan antagonis LAG3 dalam kombinasi memiliki perkembangan tumor yang lebih lambat, tingkat indikator kekebalan anti-tumor yang lebih tinggi, dan tingkat kelangsungan hidup yang meningkat secara signifikan dibandingkan dengan pengobatan dengan antibodi saja.

Para peneliti juga mengonfirmasi bahwa kedua target terapi ini terdapat dalam sampel kanker pankreas manusia, dengan 81% dan 93% pasien yang dianalisis memiliki sel T dengan ekspresi 41BB dan LAG3.

Baca Juga: Penganut Teori Konspirasi Lebih Percaya Mitos tentang Kanker

Baca Juga: Kabar Baik, Terapi Kanker Eksperimental Berhasil pada 70 Persen Pasien

Baca Juga: Studi Besar Menemukan Hubungan Aneh antara Makan Ikan dan Kanker Kulit