Mengenal Ouija, Permainan Pemanggil Entitas Gaib dalam Film 'Veronica'

By Intisari Online, Rabu, 4 Januari 2023 | 08:00 WIB
Ouija yang digunakan dalam film Veronica (2017) (freepik.com)

Film Veronica yang dirilis pada 2017 kini tengah kembali diminati penggemar film bergenre horor.

Setidaknya hal ini terlihat melalui jumlah pencarian dengan kata kunci film tersebut di mesin pencari Google yang mencapai 5000 pencarian.

Salah satu hal yang menarik dari film yang berangkat dari kisah nyata tersebut adalah ouija. (Diklaim Jadi Film Paling Menakutkan, Veronica Justru Punya Kisah Nyata yang Jauh Lebih Mengerikan)

Dilansir dari smithsonianmag.com, Selasa (3/1/2023), Ouija adalah sebuah alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan roh atau entitas gaib melalui pertanyaan yang ditulis atau ditanyakan secara lisan.

Alat ini terdiri dari sebuah papan dengan huruf, angka, dan simbol-simbol yang tercetak di atasnya, serta sebuah pointer atau indikator yang digunakan untuk menunjuk huruf-huruf, angka-angka, atau simbol-simbol yang ada pada papan tersebut.

Biasanya, beberapa orang akan berkumpul di sekitar alat ini dan bermaksud untuk berkomunikasi dengan roh atau entitas gaib yang dianggap ada di dunia lain.

Ouija sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1890 oleh Charles Kennard, William Fuld, dan sekelompok rekan mereka yang tergabung dalam perusahaan bernama Kennard Novelty Company.

Mereka mengklaim bahwa alat ini merupakan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan roh atau entitas gaib, dan alat ini segera menjadi sangat populer di Amerika Serikat.

Film Veronica (2017) sendiri menceritakan tentang sebuah kisah nyata dari seorang gadis bernama Estefania Gutierrez Lazaro.

Sang gadis dipercaya tewas usai beberapa bulan usai dirinya bermain ouija bersama teman-temannya.

Netflix, pihak yang membuat dan menayangkan film ini pun mengklaim bahwa Veronica adalah film paling menakutkan, walau pada kenyataannya baik IMDB maupun Rotten Tomatoes justru berkata lain. (Bukan Veronica, Inilah Film Paling Menakutkan Sepanjang Masa Versi Rotten Tomatoes dan IMDB)