Saling Serang Antara Tentara Austria Buat Ottoman Menang Mudah

By Galih Pranata, Rabu, 4 Januari 2023 | 14:00 WIB
Pasukan kavaleri berkuda dari bagian tentara Austria dalam sebuah karya seni rupa di Amerika Serikat. (Fine Art America)

Nationalgeographic.co.id—Dalam misi menyelamatkan Hongaria dan Rumania dari Ottoman, Austria harus berjuang ekstra keras. Pasalnya, tentara Turki tengah dikenal karena kekuatan perangnya.

Sang kaisar juga langsung turun tangan dalam pertempuran. Kaisar Austria, Joseph II memimpin sendiri pasukannya yang merupakan pasukan gabungan dari beberapa etnis di Eropa.

Sebutlah "tentara Serbia, Kroasia, Italia, dan Slovakia bergabung dalam barisan perangnya," tulis Mehmet Hasan Bulut kepada Daily Sabah dalam artikel berjudul Battle of Karansebes: Easiest victory in Ottoman history, terbit pada 25 Oktober 2021.

Namun sebelum bertempur, para tentara gabungan Austria berjumlah 80.000, kelelahan dan kehilangan semangat karena wabah penyakit meski akhirnya tiba di lembah Karansebes, yang sekarang dikenal sebagai kota Caransebeş di Rumania.

Mereka mengetahui bahwa tentara Turki, di bawah komando Serdar-ı Ekrem (gelar yang diberikan kepada wazir yang bertindak sebagai panglima perang) Koca Yusuf Pasha, dekat dengan mereka. Mereka bermalam di tepi Sungai Timiş.

"Itu adalah malam yang gelap karena bulan tidak terlihat," tambahnya. Kaisar bertujuan untuk memindahkan perang ke Wallachia dengan menyerang Turki di gelapnya malam itu. 

Para jenderal tentara Austria berkumpul di tenda kaisar untuk membahas rencana pertempuran. Semua orang yakin akan kemenangan yang akan datang dan mengira mereka akan kehilangan sedikit nyawa.

Saat para jenderal sedang menyusun rencana penyerangan di dalam tenda, pasukan kavaleri berkuda telah berangkat lebih dulu dengan menyeberangi sungai untuk mencari orang Turki.

Alih-alih menemukan target penyerangan, pasukan Ottoman, mereka malah bertemu dengan orang-orang Vlach Roma. Orang Roma ini menawarkan dagangannya: minuman keras dan wanita kepada pasukan kavaleri ini.

Setelah proses tawar-menawar singkatnya, mereka mencapai kesepakatan. Turun dari kudanya, anggota unit kavaleri mulai minum dan bercumbu dengan wanita-wanita yang ditawarkan orang-orang Roma.

Beberapa jam kemudian, unit tentara Rumania lainnya mulai menyeberangi sungai. Mereka melihat prajurit berkuda tengah dilanda mabuk. Tentara Rumania meminta untuk berbagi minuman dengan prajurit Kavaleri yang sedang asyik.

Pasukan Ottoman memasuki Karansebes dan menyadari bahwa pertempuran telah usai. (Wikimedia Commons)