Dunia Hewan: Ahli Mengidentifikasi Dua Spesies Baru Burung Robin Semak

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 7 Januari 2023 | 10:00 WIB
Ekor biru Qilian (Tarsiger albocoeruleus). (Xianting Wang)

Nationalgeographic.co.id - Para ahli burung telah mengidentifikasi dua spesies baru burung robin semak di wilayah Pegunungan Qilian dan Taiwan, Asia. Mereka mengidentifikasi dua spesies yang terabaikan, yaitu Tarsiger albocoeruleus dan Tarsiger formosanus.

Temuan mereka telah diterbitkan dalam jurnal Molecular Phylogenetics and Evolution edisi Oktober 2022 dengan judul "Cryptic species in a colorful genus: Integrative taxonomy of the bush robins (Aves, Muscicapidae, Tarsiger) suggests two overlooked species."

Untuk diketahui, robin semak adalah anggota genus Tarsiger, sekelompok burung kecil berwarna-warni dengan kekayaan spesies tinggi di wilayah Sino-Himalaya.

“Robin semak berukuran kecil (panjang tubuh 12-15 cm), pemakan serangga dan burung penyanyi dimorfik secara seksual dengan bulu dan nyanyian jantan yang khas,” kata Per Alström dari Uppsala University, Liu Yang dari Sun Yat-sen University dan rekan mereka dari Tiongkok, Amerika Serikat, dan Eropa.

“Burung-burung ini berkembang biak dari hutan dataran rendah beriklim sedang di dekat permukaan laut (Tarsiger cyanurus) hingga hutan dataran tinggi dan semak belukar alpen hingga 4.600 m (Tarsiger chrysaeus), dengan taksa subtropis berupa pegunungan.”

Sebagian besar spesies di wilayah Sino-Himalaya dan Taiwan adalah migran elevasi dengan rentang pergeseran dari dataran tinggi ke elevasi menengah atau kaki bukit selama musim non-kawin.

Satu-satunya migran jarak jauh dalam genus, Tarsiger cyanurus, berkembang biak dari Finlandia ke Asia timur dan bermigrasi ke Tiongkok barat daya dan selatan dan bagian Asia Tenggara yang berdekatan pada musim non-kawin, meskipun populasi di Jepang juga melakukan migrasi ketinggian.

“Dengan enam spesies yang saat ini dikenal di wilayah Sino-Himalaya, Arktika Eurasia, dan pulau Taiwan, robin semak Tarsiger terdiri dari kelompok yang ideal untuk mempelajari pola diversifikasi dan spesiasi biogeografis," katanya.

Burung robin semak Taiwan (Tarsiger formosanus) (Vincent Wang)

Dalam studi baru, Alström, Yang, dan tim penulis menyelidiki batasan spesies dalam genus Tarsiger. Para ahli burung mengumpulkan dan menganalisis sampel DNA dan akustik dari 11 subspesies dari enam spesies yang saat ini dikenal.

“Dalam penelitian ini, kami melakukan studi taksonomi integratif dari robin semak Tarsiger berdasarkan penanda DNA mitokondria dan nuklir, menggunakan metode filogenetik dan pembatasan spesies berbasis koalesen, dan analisis bulu, morfometrik, dan bioakustik,” jelas mereka.

Baca Juga: Dunia Hewan: Burung Paling Langka dengan Risiko Kepunahan Lebih Tinggi