Dunia Hewan: Tikus Hitam Invasif Mengubah Perilaku Ikan Karang Tropis

By Wawan Setiawan, Selasa, 10 Januari 2023 | 15:00 WIB
Jewel Damselfish (Plectroglyphidodon lacrymatus) di dekat pulau bebas tikus. Menurut studi dunia hewan terbaru keberadaan tikus telah memengaruhi perilaku ikan-ikan ini. (Dr Rachel Gunn)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti dunia hewan telah menemukan untuk pertama kalinya bahwa tikus invasif di pulau-pulau tropis memengaruhi perilaku teritorial ikan di sekitar terumbu karang.

Studi baru yang dipimpin oleh para ilmuwan dari Universitas Lancaster di Inggris dan melibatkan para peneliti dari Universitas Lakehead, Kanada, menunjukkan bahwa kehadiran tikus hitam invasif di pulau-pulau tropis menyebabkan perubahan perilaku teritorial dari sejenis ikan jewel damselfish, yaitu spesies herbivora dari ikan karang tropis yang 'bertani' alga di cabang-cabang karang.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Ecology and Evolution pada 5 Januari 2023 ini, membandingkan lima pulau yang dipenuhi tikus dan lima pulau bebas tikus di kepulauan pulau terpencil di Samudra Hindia.

Tikus, yang dalam banyak kasus tiba di pulau sebagai penumpang gelap di kapal pada tahun 1700-an, mengubah perilaku damselfish dengan mengganggu siklus nutrisi penting mereka. Burung laut melakukan perjalanan ke laut terbuka untuk mencari makan dan kembali ke sarang di pulau-pulau. Burung laut kemudian menyimpan nutrisi, melalui kotorannya ke pulau-pulau dan banyak dari nutrisi ini kemudian terbawa ke laut, menyuburkan ekosistem terumbu karang di sekitarnya.

Di pulau-pulau dengan tikus invasif, hewan pengerat menyerang dan memakan burung laut kecil penduduk dan telurnya, sehingga memusnahkan populasi mereka hingga kepadatan burung laut hingga 720 kali lebih kecil di pulau yang dipenuhi tikus.

Hal ini menyebabkan penurunan nutrisi di laut sekitar pulau yang dipenuhi tikus, dengan 251 kali lebih sedikit nitrogen mengalir ke terumbu karang di sekitar pulau ini. Sehingga menurunkan kandungan nutrisi rumput laut untuk ikan herbivora.

Menurut peneliti dunia hewan, Jewel damselfish di sekitar pulau bebas tikus secara agresif mempertahankan wilayah mereka karena kandungan nutrisi yang diperkaya lebih tinggi. Dan juga sebaliknya. (Dr Rachel Gunn)

Di sekitar pulau-pulau dengan populasi burung laut yang utuh, damselfish yang bertani secara agresif mempertahankan bidang kecil mereka. Biasanya kurang dari setengah meter persegi, di terumbu karang untuk melindungi sumber makanan mereka, yaitu rumput alga.

Tetapi para ilmuwan mengamati bahwa beternak damselfish di terumbu yang berdekatan dengan pulau yang dipenuhi tikus jauh lebih mungkin memiliki wilayah yang lebih luas. Ini lima kali lebih cenderung berperilaku kurang agresif daripada mereka yang tinggal di terumbu yang berdekatan dengan pulau tanpa tikus.

Ikan damselfish di sekitar pulau yang dipenuhi tikus harus memiliki wilayah yang lebih luas (rata-rata 0,62m² dibandingkan dengan rata-rata di sekitar pulau bebas tikus seluas 0,48m²) karena rumput alga di sekitar pulau yang dipenuhi tikus kurang kaya nutrisi. Hal ini disebabkan oleh hilangnya nutrisi yang berasal dari burung laut.

Baca Juga: Semakin 'Jelek' Bentuknya, Ikan Karang Semakin Terancam Punah

 Baca Juga: Dunia Hewan: Spesies Baru Ikan Laut Dalam Ditemukan di Palung Atacama