Telusuri Sejarah Sukun Karibia Hingga Perjalanan Kapten William Bligh

By Wawan Setiawan, Selasa, 10 Januari 2023 | 10:00 WIB
Pohon sukun di St. Vincent dan Grenadines. (Nyree Zerega)

Nationalgeographic.co.id—Pada 1793, Kapten William Bligh melabuhkan HMS Providence di Kingstown, St. Vincent dan Grenadines, sebuah negara pulau kecil di Laut Karibia. Ia saat itu memiliki kargo yang berisi beberapa ratus pohon sukun muda. Tujuan hanya satu, ia ingin memperkenalkan pohon berumur panjang dengan buah-buahan kaya karbohidrat ini untuk memberi makan murah budak Inggris, yang bekerja di perkebunan gula di pulau itu.

Kini, 230 tahun kemudian, tim biologi tanaman yang dipimpin oleh Northwestern University, Chicago Botanic Garden, dan St. Vincent Botanical Gardens melakukan penelitian sejarah sukun. Untuk pertama kalinya, mereka melacak lima garis keturunan utama sukun Karibia hingga pengenalan tunggal dari pelayaran Bligh tersebut.

Tidak hanya kultivar pohon sukun asli (atau varietas yang dihasilkan oleh pembiakan selektif) bertahan selama berabad-abad, mereka juga berkembang, menurut studi tersebut.

Hasil studi telah diterbitkan pada 5 Januari 2023, ini bertepatan dengan peringatan 230 tahun kedatangan Bligh di Karibia. Makalah yang terbit di jurnal Current Biology itu diberi judul “Linking breadfruit cultivar names across the globe connects histories after 230 years of separation.”

"Sukun adalah tanaman yang kurang dimanfaatkan, dan tidak mendapat perhatian sebanyak tanaman utama," kata Nyree Zerega, penulis senior studi tersebut. "Namun, minat pada sukun meningkat secara global, dan kami pikir ini akan menjadi teka-teki yang menarik untuk dipecahkan."

"Di luar Oseania, Karibia adalah salah satu penghasil sukun terbesar di dunia," tambah Lauren Audi, penulis pertama studi tersebut. "Dan kami benar-benar tidak tahu banyak tentang keragaman genetik buah di Karibia. Karena ini adalah tanaman penting untuk ketahanan pangan - terutama untuk negara kepulauan yang sangat rentan terhadap perubahan iklim - kami ingin mengkarakterisasi keragaman genetik tanaman sukun ini untuk melestarikannya. Langkah pertama untuk itu adalah mengkarakterisasi keanekaragaman dari apa yang sudah kita miliki."

Seorang ahli sukun, Zerega adalah direktur Program dalam Biologi Tumbuhan dan Konservasi. Audi adalah seorang mahasiswa pascasarjana di laboratorium Zerega pada saat penelitian. Sekarang, dia adalah manajer lab di Sackler Institute for Comparative Genomics di American Museum of Natural History di New York City.

Berdasarkan kisah nyata, film 1962 Mutiny on the Bounty ini mengikuti Kapten William Bligh dalam perjalanannya ke Tahiti dengan HMS Bounty. Penganiayaannya terhadap anak buahnya menyebabkan First Mate Fletcher Christian (Marlon Brando) menggulingkan komandonya, membuat dia dan beberapa orang setia yang tersisa terapung-apung di kapal terbuka di Pasifik. (Alamy Stock Photo)

Banyak orang mungkin akrab dengan Kapten Bligh dari "Mutiny on the Bounty," serial buku klasik dan film yang dibintangi Clark Gable yang menggambarkan perjalanan yang sulit dan kegagalan akhir misi. Film ini kemudian dibuat ulang dua kali – dengan dibintangi Marlon Brando pada tahun 1962 dan Anthony Hopkins pada tahun 1984.

Di atas kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris bernama HMS Bounty, Kapten Bligh dan krunya berhenti di Tahiti, tempat mereka bekerja dengan penduduk setempat untuk mengumpulkan sukun. Tujuannya adalah memperkenalkan sukun sebagai makanan murah bagi populasi budak yang dipaksa bekerja di perkebunan Inggris di kepulauan Karibia. Tapi rencana ini tiba-tiba ditinggalkan pada bulan April 1789 ketika awak kapal Bounty menguasai kapal, lalu melemparkan Bligh dan 18 loyalisnya ke laut.

Namun Bligh selamat dalam peristiwa itu. Ia tetap berdedikasi pada tujuan awal mengumpulkan dan mengangkut sukun. Hanya dua tahun kemudian, dia berlayar lagi - kali ini di HMS Providence dengan kapal pendamping, Asisten HMS. Meskipun Bligh mencatat nama delapan jenis sukun dalam catatannya untuk Bounty, anehnya catatan Providence kehilangan detail penting ini.

"Saat Anda melihat log dari Bounty, Bligh dengan hati-hati mendokumentasikan apa yang dikumpulkannya," kata Zerega. “Tetapi pada pelayaran keduanya, waktu yang dihabiskan di Tahiti lebih pendek, dan tidak ada catatan tentang nama kultivar sukun yang benar-benar mereka kumpulkan. Dia menunjukkan bahwa lima jenis sukun tanpa biji dikumpulkan, tetapi teks-teks sejarah selanjutnya menyarankan angka yang berbeda. Keingin tahuan ini bukan hanya sebagian rasa ingin tahu saja, tetapi juga berguna karena menghubungkan pengetahuan lintas budaya tentang tanaman."