Tiga Resep Bahagia Orang Finlandia, Salah Satunya Mensyukuri Alam

By Utomo Priyambodo, Selasa, 10 Januari 2023 | 16:30 WIB
Alam bisa membantu Anda merasa lebih bahagia. (oatawa/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Finlandia menempati peringkat nomor 1 sebagai negara paling bahagia di dunia selama lima tahun berturut-turut. Pemeringkatan ini tercantum dalam laporan global bertajuk World Happiness Report.

Dalam laporan tahun 2022, orang-orang di 156 negara diminta untuk "menghargai hidup mereka hari ini dalam skala 0 hingga 10, dengan kemungkinan kehidupan terburuk sebagai 0". Laporan tersebut juga memperhitungkan faktor-faktor yang berkontribusi pada dukungan sosial, harapan hidup, kemurahan hati, dan nihilnya korupsi.

Dari hasil survei dan studi tahunan tersebut, Finlandia selalu menjadi peringkat pertama selama lima tahun secara berturut-turut. Banyak orang kemudian bertanya-tanya apa resep bahagia orang-orang Finlandia.

Frank Martela, seorang filsuf sekaligus peneliti dan dosen psikologi di Aalto University di Finlandia mencoba menjabarkan resep kebahagiaan ini. Dia memaparkan hal ini karena dirinya sering ditanya-tanya banyak orang.

"Sebagai seorang filsuf dan peneliti psikologi Finlandia yang mempelajari dasar-dasar kebahagiaan, saya sering ditanya: Apa sebenarnya yang membuat orang-orang di Finlandia sangat puas dengan kehidupan mereka?" tulis Martela dalam artikelnya di CNBC.

Untuk mempertahankan kualitas hidup yang tinggi, berikut ini adalah tiga pantangan yang diterapkan oleh orang-orang Finlandia, sebagaimana dibeberkan Martela yang juga merupakan penulis buku berjudul A Wonderful Life: Insights on Finding a Meaningful Existence.

1. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Ada kalimat terkenal dari seorang penyair Finlandia: “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön.” Diterjemahkan secara kasar, artinya: Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda.

Orang-orang Finlandia benar-benar memperhatikan hal ini. Terutama jika menyangkut hal-hal materi dan tampilan kekayaan secara terbuka.

"Saya pernah bertemu dengan salah satu orang terkaya di Finlandia. Dia mendorong balita di kereta dorong menuju stasiun trem. Dia bisa saja membeli mobil mahal atau menyewa sopir, tetapi dia memilih transportasi umum. Seperti itulah kesuksesan di Finlandia: sama seperti orang lain."

Martela menyarankan, "Lebih fokuslah pada apa yang membuat Anda bahagia dan kurangi terlihat sukses. Langkah pertama menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standar Anda sendiri, alih-alih membandingkan diri Anda dengan orang lain.'

Baca Juga: Inilah Alasan Sains Mengapa Banyak Orang Bahagia dan Suka Bepergian