Plankton Laut Menceritakan Kisah Panjang Kesehatan Laut dan Manusia

By Wawan Setiawan, Rabu, 11 Januari 2023 | 10:00 WIB
Isi satu celup jaring tangan, diambil tahun 2006 oleh para peneliti di Samudra Pasifik. Gambar fotografi mengandung beragam organisme planktonik, mulai dari cyanobacteria fotosintesis dan diatom hingga berbagai jenis zooplankton, dari telur hingga larva hingga dewasa. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Menggunakan sampel dari survei plankton laut yang berusia hampir seabad, para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas California San Diego menyarankan bahwa peningkatan kadar bahan kimia buatan manusia yang ditemukan di beberapa bagian lautan dunia dapat digunakan untuk memantau dampak aktivitas manusia pada kesehatan ekosistem. Ini suatu hari nanti dapat digunakan untuk mempelajari hubungan antara polusi laut dan tingkat penyakit kronis masa kanak-kanak juga dewasa di darat.

Temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal Science of the Total Environment edisi 9 Januari 2023 dengan judul “Historical biomonitoring of pollution trends in the North Pacific using archived samples from the continuous plankton recorder survey.”

“Ini adalah studi percontohan untuk menguji kelayakan penggunaan sampel plankton yang diarsipkan dari Survei Perekam Plankton Berkelanjutan (CPR) untuk merekonstruksi tren sejarah pencemaran laut dalam ruang dan waktu,” kata penulis senior Robert K. Naviaux, profesor di Departemen Kedokteran, Pediatri dan Patologi di Fakultas Kedokteran UC San Diego. "Kami termotivasi untuk mengeksplorasi metode baru ini dengan peningkatan yang mengkhawatirkan pada penyakit kronis masa kanak-kanak dan dewasa yang telah terjadi di seluruh dunia sejak 1980-an.”

Studi terbaru telah menggarisbawahi hubungan erat antara polusi laut dan kesehatan manusia. Dalam studi ini, peneliti mengajukan pertanyaan: Apakah perubahan paparan plankton (ukuran semua paparan seumur hidup) berkorelasi dengan kesehatan ekosistem dan perikanan?

"Kami juga ingin meletakkan dasar untuk mengajukan pertanyaan kedua: Dapatkah bahan kimia buatan manusia dalam plankton digunakan sebagai barometer untuk mengukur perubahan dalam kemosfer global yang mungkin berkontribusi pada penyakit masa kanak-kanak dan dewasa? Dengan kata lain, kami ingin menguji hipotesis bahwa perputaran yang cepat dan kepekaan terhadap kontaminasi plankton mungkin menjadikan mereka versi laut dari burung kenari di tambang batu bara," tutur Prof. Naviaux.

Plankton laut ada di semua ekosistem laut. Mereka menciptakan komunitas kompleks yang membentuk dasar jaring makanan, dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan lautan. Plankton umumnya berumur pendek dan sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. (QS Study)

Berbasis di Inggris Raya, Survei CPR adalah survei ekologi laut terlama dan terluas secara geografis di dunia. Sejak 1931, hampir 300 kapal telah melakukan perjalanan lebih dari 11,5 juta kilometer perangkat penarikan sampel yang menangkap plankton. Pengukuran lingkungan dilakukan di semua lautan dunia, laut Mediterania, Baltik, dan Utara, serta di danau air tawar.

Upaya tersebut, bersama dengan program pelengkap di tempat lain, dimaksudkan untuk mendokumentasikan dan memantau kesehatan umum lautan. Upaya ini berdasarkan kesejahteraan plankton laut - kumpulan beragam organisme kecil yang menyediakan makanan bagi banyak makhluk air lainnya, dari moluska hingga ikan juga paus.

"Plankton laut ada di semua ekosistem laut," kata rekan penulis studi Sonia Batten, mantan koordinator CPR Pasifik dan saat ini menjadi sekretaris eksekutif Organisasi Ilmu Kelautan Pasifik Utara. "Mereka menciptakan komunitas kompleks yang membentuk dasar jaring makanan. Mereka juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan lautan. Plankton umumnya berumur pendek dan sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan."

Naviaux, koresponden penulis Kefeng Li, seorang ilmuwan proyek di lab Naviaux, dan rekannya mengevaluasi spesimen plankton yang diambil dari tiga lokasi berbeda di Pasifik Utara pada waktu yang berbeda antara tahun 2002 dan 2020. Kemudian, dengan menggunakan berbagai teknologi menilai paparannya untuk berbagai bahan kimia buatan manusia, termasuk obat-obatan; polutan organik persisten (POP) seperti bahan kimia industri; pestisida; phthalate dan plasticizer (bahan kimia yang berasal dari plastik); serta produk perawatan pribadi.

Banyak dari polutan ini telah berkurang jumlahnya selama dua dekade terakhir, kata para peneliti, tetapi tidak secara universal, dan seringkali dengan cara yang rumit. Misalnya, analisis menunjukkan tingkat warisan POP dan amoksisilin antibiotik umum telah menurun secara luas di Samudra Pasifik Utara selama 20 tahun terakhir. Ini mungkin sebagian dari peningkatan peraturan federal dan penurunan penggunaan antibiotik secara keseluruhan di Amerika Serikat dan Kanada. Akan tetapi temuan ini dibingungkan oleh peningkatan penggunaan yang bersamaan di Rusia dan Cina.

Baca Juga: Polusi Minyak di Lautan Dunia, 90 Persen Tumpahan Adalah Ulah Manusia