Kisah Hans, si Kuda Pintar yang Sohor karena Mampu Berhitung

By Galih Pranata, Jumat, 13 Januari 2023 | 08:00 WIB
Hans si Kuda, mampu membaca dan berhitung, dengan gurunya Herr von Osten (Berlin) 1890. (Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Seekor kuda menggegarkan publik karena kepandaiannya yang mulai tercium dunia. Meskipun sejak awal, banyak yang menganggap kepandaiannya hanya hoaks belaka. Kuda itu bernama Hans, berasal dari Jerman.

Hans, si kuda pintar, telah menjadi terkenal di seluruh dunia karena kemampuannya yang sulit dijelaskan. Hans, seekor kuda yang luar biasa, mulai diperkenalkan pada tahun 1891.

Tentu, di balik kepintarannya tidak lepas dari seorang pelatih yang hebat. "Pelatih kuda yang hebat itu bernama Herrn von Osten, yang merupakan pemiliknya sendiri," tulis Andrei Tapalaga.

Andrei menulis sebuah artikel kepada History of Yesterday dengan judul Hans: The Genius Horse That Could Read and Count yang diterbitkan pada 6 Desember 2022.

Ia merupakan ahli matematika Jerman yang kurang dikenal yang melihat potensi Hans serta kesempatan untuk mendapatkan perhatian dari kemampuan yang dimiliki kuda itu. Karena Hans tidak dapat berbicara, dia berkomunikasi dengan menghentakkan kakinya ke tanah.

Apabila kuda pintar itu ditanya berapa lima tambah dua, dia akan menyentuh tanah tujuh kali untuk menjawab pertanyaan itu; lalu jika ditanya hari apa setelah Senin, dia akan diminta menginjak kaki sekali untuk hari Selasa, dua kali untuk hari Rabu, dan seterusnya.

Dia menjadi sangat terkenal pada tahun 1892–1893 sehingga banyak orang akan melakukan perjalanan demi untuk melihat Hans mengerjakan soal matematika, sehingga mereka dapat membuktikannya sendiri.

"..Karena tidak ada orang waras yang akan percaya bahwa seekor kuda dapat melakukan matematika dasar," tambahnya.

Akibatnya, banyak orang penasaran di buatnya. Pada tahun 1904, sekelompok peneliti mengumumkan bahwa mereka tidak menemukan bukti yang membuktikan bahwa itu adalah tipuan.

Namun, Profesor Carl Stumpf dan salah satu muridnya, Oskar Pfungst, akhirnya memecahkan misteri tersebut. Mereka mencatat bahwa Hans sangat jarang bisa menjawab pertanyaan yang tuannya tidak tahu jawabannya.

Baca Juga: Peran Penting Kuda-Kuda Milik Aleksander Agung hingga Kaisar Hadrian

Baca Juga: Dunia Hewan: Berapa Daya Kuda yang Dimiliki oleh Seekor Kuda?