Kenapa Badan Terasa Sakit Setelah Berolahraga? Ternyata Ini Jawabannya

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 13 Januari 2023 | 13:00 WIB
Kenapa tubuh merasa sakit ketika sudah lama tak berolahraga? (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Apakah Anda pernah berolahraga, namun di malam hari atau keesokan harinya tubuh merasa sakit? Bahkan terasa sakit hanya untuk mengayunkan kaki dari tempat tidur.

Banyak dari kita pernah mengalami perasaan terbakar dan sakit. Tapi dari mana asalnya dan mengapa selalu muncul beberapa hari setelah latihan tertentu?

Menurut American College of Sports Medicine (ACMS).Setiap nyeri otot yang Anda rasakan 24 hingga 72 jam setelah berolahraga disebut nyeri otot yang tertunda atau delayed onset muscle soreness (DOMS). Rasa sakit ini tidak muncul setelah semua latihan, hanya ketika Anda melakukan latihan baru atau intens yang tidak biasa dilakukan tubuh Anda. Dan sebuah studi tahun 2003 di jurnal Sports Medicine menemukan bahwa ini berlaku baik untuk profesional maupun pemula.

"Itu bukan indikasi bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang salah, menyebabkan beberapa perubahan otot," kata Dr. Michael Jonesco, dokter olahraga di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio dikutip Live Science.

Perubahan itu dimulai saat berolahraga. Kontraksi otot menyebabkan robekan mikroskopis di sepanjang otot dan jaringan ikat di dekatnya, menurut ACMS. Air mata kecil ini tidak secara langsung menyebabkan rasa sakit. Sebaliknya, rasa sakit tersebut merupakan efek samping dari proses perbaikan otot.

"Nyeri adalah produk sampingan dari penyembuhan," ujar Jonesco.

Setelah otot rusak, terjadi peradangan dan elektrolit, seperti kalsium, mulai menumpuk. Sistem kekebalan juga terlibat, menurut sebuah studi tahun 2016 di jurnal Frontiers in Physiology, mengirimkan sel kekebalan yang disebut sel-T untuk menyusup ke tempat kerusakan. Para ilmuwan masih tidak yakin bagaimana proses ini bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri, tetapi kemungkinan mereka bersatu untuk memicu penyembuhan dan rasa sakit.

Menurut sebuah penelitian tahun 1983 yang diterbitkan di jurnal The Physician and SportsMedicine, terlepas dari apa yang mungkin pernah Anda dengar, penumpukan asam laktat bukanlah penyebab DOM. Asam laktat, yang diproduksi selama latihan karena otot terus memecah glukosa setelah semua oksigen yang tersedia telah digunakan, tidak cukup lama bertahan di tubuh setelah berolahraga untuk menyebabkan rasa sakit. Sekitar 45 menit setelah berolahraga, kadar asam laktat subjek penelitian tidak meningkat, tetapi mereka masih mengembangkan DOMS dua hari kemudian. Meskipun masih ada beberapa kontroversi seputar topik ini, sebagian besar ilmuwan, termasuk ACMS menganggap teori asam laktat telah dibantah.

Pertanda Baik

Nyeri otot adalah pertanda baik bahwa Anda membuat kemajuan, sehingga dapat menerima rasa sakit dengan kepuasan. Tapi tidak berarti sudah waktunya untuk mengulang latihan yang sama, karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko cedera yang lebih serius. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah olahraga ringan.

Baca Juga: Lima Menit Aktivitas Fisik Intens Berdampak Besar bagi Kesehatan

Baca Juga: Pemain Sepak Bola di atas 35 Tahun Berisiko Terkena Sakit Jantung