Mitologi Yunani: Kekuatan Hercules Buat Gurunya Sendiri Mati Tragis

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 20 Januari 2023 | 12:00 WIB
Hercules tak sengaja membunuh Chiron, gurunya sendiri. (Mutual Art)

Nationalgeographic.co.id—Hercules atau dikenal sebagai Heracles adalah manusia setengah dewa dalam mitologi Yunani. Hercules memiliki reputasi yang luar biasa untuk kekuatannya, dan untuk banyaknya musuh yang dia kalahkan dalam hidupnya.

Meskipun Hercules adalah seorang dewa, dia memiliki banyak guru dan panutan yang melatihnya. Melalui mereka, anak dari Zeus ini menjadi lebih bijaksana dan lebih kuat.

Kekuatan Hercules

Dilansir Theoi, Hercules memiliki dua orang tua fana, tetapi menurut mitologi Yunani, orang yang benar-benar menghamili ibunya adalah Zeus. Orang tua manusianya adalah Amphitryon dan ibunya, Alkmene. Semuanya normal dengan kelahiran Hercules, tetapi seiring bertambahnya usia, orang tuanya menyadari bahwa dia memiliki tingkat kekuatan yang tidak dimiliki oleh manusia biasa.

Hubungan Hercules dan Chiron sang Centaur

Hercules adalah salah satu murid centaur bijak, Chiron. Centaur adalah manusia setengah kuda. Chiron juga memiliki banyak murid lain, seperti Asclepius, Ajax, Achilles, Theseus, Jason, Peleus, Perseus, dan Phoenix. Hercules bertemu Chiron di pegunungan ketika dia dikirim ke sana untuk tinggal bersama para gembala.

Karyanya dengan Hercules adalah yang paling berkesan dari semua muridnya karena Hercules lah yang secara tidak sengaja membunuh Chiron. Chiron pada awalnya hidup abadi. Namun kehidupannya berakhir setelah panah Hercules menghantamnya. Panah itu memiliki ujung beracun, hal itu menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada Chiron yang membuatnya ingin melepaskan keabadiannya. Akibatnya, Chiron meninggal dan menerima konstelasi untuk menghormatinya, Centaurus atau Sagitarius, dan Chiron menggantikannya di antara para Olympian.

Chiron adalah satu-satunya centaur yang mengajar para demigod mana pun. Centaur lain berasal dari persatuan Ixion dan Nephele, tetapi Chiron adalah putra Titan Cronus (Kronos) dan Philyra, seorang Oceanid atau bidadari laut. Chiron lebih pintar daripada yang lain.

Dia memperoleh banyak pengetahuan tentang kedokteran dan kehidupan secara umum. Chiron mengajarkan pengetahuan itu kepada murid-muridnya, yang menerima informasi dengan rasa terima kasih. Hercules dekat dengan Chiron. Kematian Chiron adalah sebuah kecelakaan, dan Hercules kecewa dengan sang guru mati dengan tragis lewat tangannya sendiri.

Guru Musik Hercules

Chiron bukan satu-satunya guru Hercules. Dia juga memiliki seorang guru musik, yaitu Linus. Linus memiliki beberapa cerita asal yang berbeda dalam mitologi Yunani. Menurut catatan di Argos, dia adalah putra dewa, Apollo, dan Psamathe, putri Crotopus.

Namun, rekaman tertulis Argos menyatakan bahwa Linus meninggal setelah lahir, sehingga cerita tersebut tidak bertepatan dengan dia yang mengajar musik Hercules. Namun, jika Anda membaca versi Theban, Linus adalah putra Urania dan musisi, Amphimarus, dan hidup cukup lama untuk menjadi salah satu guru Hercules.