Ilmuwan Mempelajari Meteorologi Planet Mars yang Kaya Secara Mendetail

By Wawan Setiawan, Minggu, 22 Januari 2023 | 10:00 WIB
Penjelajah Mars Perseverance dan helikopter di kawah Jezero di planet Mars. (NASA/JPL-Caltech.)

Natiopnalgeographic.co.id - Perseverance adalah kendaraan otonom NASA yang tiba di Kawah Jezero (dasar danau kuno yang sekarang mengering di planet Mars) pada 18 Februari 2021. Penjelajah ini dilengkapi dengan tujuh instrumen ilmiah kompleks baru yang didedikasikan untuk menjelajahi permukaan planet pada misi pencarian tanda-tanda kemungkinan kehidupan di masa lampau. Mengumpulkan dan menyimpan sampel untuk dibawa kembali ke Bumi, menguji teknologi baru untuk digunakan dalam eksplorasi manusia, dan mempelajari atmosfer planet secara mendetail.

Berkenaan dengan tujuan mempelajari atmosfer, instrumen MEDA (Mars Environmental Dynamics Analyzer) telah memperoleh hasil yang baru. Peneliti utama MEDA adalah José Antonio Rodríguez-Manfredi dari Pusat Astrobiologi (CAB) di Madrid, dan telah melibatkan partisipasi tim dari Kelompok Riset Ilmu Planet UPV/EHU. Instrumen tersebut terdiri dari seperangkat sensor yang mengukur suhu, tekanan, angin, kelembapan, dan sifat-sifat debu yang selalu ada dalam suspensi di atmosfer Mars.

Perseverance kini telah menyelesaikan penyelidikannya terhadap atmosfer sepanjang tahun pertama Mars (yang berlangsung kira-kira dua tahun Bumi). Hasil penyelidikan tersebut telah dipublikasikan di jurnal Nature Geoscience pada 9 Januari 2023 dengan judul “The diverse meteorology of Jezero crater over the first 250 sols of Perseverance on Mars.”

Secara khusus, tim UPV/EHU, yang dibentuk oleh Agustín Sánchez-Lavega, Ricardo Hueso, Teresa del Río-Gaztelurrutia dan mahasiswa PhD Asier Munguira, telah memimpin studi tentang siklus suhu dan tekanan musiman dan harian, serta signifikansi mereka variasi pada skala waktu lain yang dihasilkan dari proses yang sangat berbeda. Hasil studi mereka juga telah diterbitkan pada waktu dan jurnal yang sama, namun dengan judul yang berbeda: “Meteorological phenomena on Mars observed by the Perseverance rover.”

Sepanjang musim, suhu udara rata-rata di Kawah Jezero, yang terletak di dekat ekuator planet, sekitar minus 55 derajat Celcius, tetapi sangat bervariasi antara siang dan malam, dengan perbedaan tipikal sekitar 50 hingga 60 derajat. Pada tengah hari, pemanasan permukaan menimbulkan gerakan turbulen di udara akibat naik turunnya massa udara (konveksi) yang berhenti pada malam hari, saat udara mengendap.

Siklus suhu harian di kawah Jezero di planet Mars diukur dengan instrumen MEDA. (UPV-EHU/CAB-INTA/ NASA/JPL-Caltech.)

Sensor tekanan, di sisi lain, menunjukkan secara rinci perubahan musiman dari atmosfer Mars yang lemah yang dihasilkan oleh pencairan dan pembekuan karbon dioksida atmosfer di tutup kutub. Juga oleh siklus harian variabel yang kompleks, yang dimodulasi oleh gelombang termal di atmosfer.

“Tekanan dan suhu atmosfer Mars berosilasi dengan periode hari matahari Mars (agak lebih lama dari Bumi, rata-rata 24 jam 39,5 menit) dan dengan subkelipatannya, mengikuti siklus harian sinar matahari yang sangat dipengaruhi oleh jumlah debu serta keberadaan awan di atmosfer," kata Agustín Sánchez-Lavega, profesor di Fakultas Teknik-Bilbao (EIB) dan salah satu peneliti di misi Mars 2020.

Baca Juga: Di Planet Mars Ternyata Juga Ada Sampah, Sebuah Temuan Tak Terduga

Baca Juga: Akhirnya! Mars Perseverance Rover Dengan Aman Mendarat di Planet Merah

Baca Juga: Kecepatan Suara Bergerak Lebih Lambat di Mars Dibandingkan di Bumi

Kedua sensor juga mendeteksi fenomena dinamis di atmosfer yang terjadi di sekitar penjelajah, misalnya, yang dihasilkan oleh aliran angin puyuh yang dikenal sebagai "setan debu" karena debu yang kadang-kadang ditendang, atau pembangkitan gelombang gravitasi. yang asalnya belum dipahami dengan baik.