256 Fosil Telur Mengungkap Kehidupan Titanosaurus di Anak Benua India

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:00 WIB
Foto lapangan telur dan garis telur menunjukkan berbagai fitur. (Prasad et al.)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi dilaporkan telah mengungkap 92 fosil sarang milik beberapa dinosaurus terbesar di India. Penemuan lebih dari 250 fosil telur memberikan rincian mendalam tentang kehidupan titanosaurus di anak benua India.

Temuan tersebut telah diterbitkan dalam jurnal akses terbuka PLoS One oleh Harsha Dhiman dari University of Delhi, New Delhi dan rekan. Jurnal tersebut dipublikasikan dengan judul "New Late Cretaceous titanosaur sauropod dinosaur egg clutches from lower Narmada valley, India: Palaeobiology and taphonomy."

Dijelaskan, formasi Lameta, yang terletak di Lembah Narmada di India tengah, terkenal dengan fosil kerangka dan telur dinosaurus dari Zaman Kapur Akhir.

"Data kuantitatif yang dikumpulkan dari cengkeraman baru (penelitian ini) membuka jalan untuk lebih memahami tentang palaeobiologi titanosaurus dan untuk memahami secara kualitatif aspek pelestarian dan taponomi dari cengkeraman telur mereka," tulis mereka.

"Di sini, kami mendokumentasikan 256 telur dan tiga pola (yaitu, melingkar, kombinasi, linier) yang dapat ditetapkan ke enam oospesies."

Pekerjaan terbaru di daerah tersebut telah menemukan 92 situs bersarang yang berisi total 256 telur fosil milik titanosaurus, yang merupakan salah satu dinosaurus terbesar yang pernah hidup. 

Tipe kombinasi yang didokumentasikan dari area yang diselidiki. (Prasad et al.)

Pemeriksaan mendetail terhadap sarang ini memungkinkan Dhiman dan rekannya membuat kesimpulan tentang kebiasaan hidup dinosaurus ini.

Para penulis mengidentifikasi enam spesies telur yang berbeda (oospecies), menunjukkan keragaman titanosaurus yang lebih tinggi daripada yang diwakili oleh sisa-sisa kerangka dari wilayah ini.

Berdasarkan tata letak sarang, tim menyimpulkan bahwa dinosaurus ini mengubur telurnya di lubang dangkal seperti buaya modern.

Baca Juga: Penampakan Sanajeh, Ular Pemakan Bayi Dinosaurus Ditemukan di India

Baca Juga: Pertama Kalinya Ada Telur di dalam Telur dari Dinosaurus dan Reptil

Baca Juga: Bayi Pterosaurus: Hewan dengan Kemampuan Terbang yang Menakjubkan