Kisah Hermes Dijuluki Dewa Judi, Anak dari Zeus di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 22 Januari 2023 | 09:00 WIB
Hermes muncul dalam banyak mitos Yunani. Dia mengumpulkan banyak gelar dan julukan dari berbagai petualangannya, termasuk menjadi dewa judi. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id – Hermes adalah dewa pembawa pesan, perjalanan, dan pencuri dalam mitologi Yunani kuno. Hermes sebagai salah satu anak Zeus dikenal paling pintar dan nakal. Kenakalannya dimulai sejak usia dini. Dia juga dikenal dengan sebutannya sebagai dewa judi. Gemar berpetualang, tak heran banyak gelar dewa yang disematkan untuknya. Penampilan Hermes digambarkan melalui penggunaan tongkat besar, sepatu bersayap, dan topi besar bertepi jerami. Penasaran dengan kisah Hermes? Simak kisahnya berikut ini.

Dewa Pencuri

Saat dia masih bayi, Hermes mencuri kawanan ternak Apollo dan membalikkan kuku mereka untuk menyulitkan Apollo melacak. Hermes menjadi dewa pencuri saat dia mencuri kawanan ternak Apollo sebagai imbalan untuk memberi Apollo kecapinya.

Saat tumbuh dewasa, Hermes mencuri trisula Poseidon, panah Artemis, dan ikat pinggang Aphrodite. Ketika Zeus perlu mencuri sesuatu, dia akan mengirim Hermes untuk melakukan pekerjaan itu. 

Dewa Perjalanan 

Hermes membantu banyak pahlawan dalam mitologi Yunani selama perjalanan mereka. Hermes memberi Perseus sepasang sepatu yang kemudian dikenal sebagai Talaria. Sepatu ini adalah sandal bersayap yang akan membantu Perseus melarikan diri dari gua Medusa setelah dia dipenggal. 

Selama 10 tahun perjalanan pulang Odysseus, Hermes membantu Odiseus mengatasi dua rintangan berbahaya. Hambatan pertama yang diatasi Odysseus atas bantuan Hermes adalah ramuan ajaib untuk melindunginya dari delirium Circe. Odysseus mampu mengatasi kendala lain dengan bantuan Hermes. Hermes meyakinkan Calypso untuk melepaskan Odysseus dari pulaunya, yang membantu Odysseus melanjutkan perjalanan pulang.

Sebagai dewa perjalanan, Hermes bertanggung jawab untuk membimbing jiwa orang mati ke dunia bawah.

Dewa Pesan, Tidur, dan Kecepatan

Hermes adalah utusan pribadi di antara para dewa. Karena dia juga dewa perjalanan, Hermes membawa tongkat. Barang ini ajaib dan bisa membuat manusia tertidur untuk menyampaikan pesan. Manusia yang sedang tidur akan menerima pesan dalam mimpi mereka, yang memudahkan pesan diterima oleh penerima.

Hermes adalah dewa kecepatan, karena dia memiliki sandal bersayap yang membuatnya bisa terbang. Kemampuannya melakukan perjalanan dengan cepat dan menyampaikan pesan membuat Hermes menjadi utusan para dewa.

Dewa Judi