Paleontolog Mendeskripsikan Reptil Laut Purba dari Fosil di Tiongkok

By Ricky Jenihansen, Minggu, 22 Januari 2023 | 15:00 WIB
Holotipe Honghesaurus longicaudalis, reptil laut trias dengan ekor yang sangat panjang. (Xu et al.)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontolog melaporkan telah mendeskripsikan genus dan spesies baru Pachypleurosaurus, reptil laut purba dari periode Trias. Spesies baru tersebut dideskripsikan dari fosil, kerangka lengkap yang ditemukan di Tiongkok selatan.

Spesies baru ini dijuluki Honghesaurus longicaudalis yang diperkirakan hidup selama periode Trias Tengah, sekitar 244 juta tahun yang lalu. Temuan tersebut telah dijelaskan dalam makalah di jurnal Scientific Reports.

Makhluk prasejarah itu milik Pachypleurosauroidea, sekelompok reptil laut berukuran kecil hingga sedang, seperti kadal yang berkembang biak dari Trias Awal hingga Tengah.

“Pada Trias, hampir semua daratan Bumi digabungkan menjadi benua super Pangaea, dikelilingi oleh lautan Panthalassa yang luas,” kata Profesor Guang-Hui Xu, seorang peneliti di Institut Paleontologi dan Paleoantropologi Vertebrata dan Center for Excellence in Life and Paleoenvironment di Chinese Academy of Sciences, dan rekan.

"Lengan samudra ini, yaitu Tethys, menyusup jauh ke dalam pusat Pangaea di ekuator."

Pachypleurosaurus hanya diketahui dari Samudra Tethys, dan potensi makanannya mungkin termasuk invertebrata bertubuh lunak (misalnya cephalopoda), beberapa udang, dan ikan kecil atau remaja.

Pachypleurosaurus paling awal dan basal dapat ditelusuri ke Trias Awal di alam Tethys timur, dan di Trias Tengah, klad ini mengalami radiasi cepat, yang sebelumnya diwakili oleh delapan genera dari Tethys timur dan lima dari Tethys barat (Eropa)

Honghesaurus longicaudalis adalah reptil yang relatif kecil, dengan panjang total sekitar 47 cm.

“Dari ukuran tubuhnya, Honghesaurus longicaudal sesuai dengan kebanyakan pachypleurosaurus lainnya yang berukuran kecil dengan panjang total maksimal jarang melebihi 50 cm,” kata ahli paleontologi tersebut.

Kerangka fosil Honghesaurus longicaudalis ditemukan pada tahun 2021 dari endapan laut Formasi Guanling yang tersingkap di Luxi, Yunnan, Tiongkok Selatan.

"Yang mengesankan, spesimen ini sangat terawetkan, mewakili salah satu kerangka pachypleurosaurus terlengkap dari Luoping Lagerstätte atau Biota Trias Tengah," kata para peneliti.

Impresi seniman tentang Wumengosaurus, kerabat betina dari Honghesaurus longicaudal. (Nobu Tamura)